Senin, 11 Desember 2017

Tingkatkan minat baca

Warga Jayapura dapat bantuan perahu pustaka

Jumat, 11 Agustus 2017 16:14

Foto: Aman Hasibuan. Foto: Aman Hasibuan.
Ayo berbagi!

Dalam upaya meningkatkan minat membaca anak serta kualitas pendidikan anak di Kabupaten Jayapura, dua korporasi multi nasional, PT. Sarana Multi Infrastruktur dan PT. Tetrasa Geosinindo, menyerahkan dua buah perahu pustaka kepada Pemerintah Kabaupaten Jayapura untuk dikelolah melalui kerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI), Jumat (11/8).

Manajer Wahana Visi Indonesia (WVI) Zonal Papua, Charles Sinaga mengatakan, perahu pustaka ini diserahkan pada puncak acara Hari Anak Nasional 2017 di Kampung Hobong, Sentani. Fasilitas ini menjadi sarana yang menarik perhatian anak-anak, karena dilengkapi dengan berbagai macam buku bacaan untuk anak, buku cerita bergambar serta tersedia juga media elektronik seperti televisi yang dilengkapi dengan DVD player yang membuat anak tidak hanya membaca tetapi dapat juga menonton film pendidikan yang menarik, karena film yang disediakan adalah film serta lagu-lagu yang mendidik.

Menurut Charles, program kerjasama yang berlangsung sejak 1 Oktober 2016-31 September 2017 ini merupakan bagian dari sebuah program pemgembangan masyarakat bernama “Kampung Ramah Anak Papua” yang adalah salah satu upaya WVI dalam mendukung pemerintah daerah mewujudkan kota dan kabupaten layak anak. Kampung Ramah Anak nantinya menjadi kampung-kampung yang memperhatikan hak anak dan selalu mengupayakan untuk mengembangkan potensi terbaik anak, melalui kerjasama tiga pihak antara pemerintah setempat, lembaga usaha dan masyarakat.

Ia mengharapkan, pemanfaatan kedua perahu pustaka ini dioptimalkan di empat kampung di Sentani yakni Kampung Yoboi, Ifale, Hobong dan Yobeh, dan nantinya akan diperluas ke dua Distrik lainnya yaitu Distrik Sentani Timur di Kampung Ayapo dan Asei Besar, dan Ebungfauw tepatnya di desa Abar, Khameyaka, Putali, Babrongko, dan Homfolo Ayapo.

“Perahu pustaka ini dibuat untuk dapat digunakan oleh sebanyak 709 anak dari ketiga distrik tersebut. Nantinya perahu akan berkeliling terus untuk melayani semua desa tersebut dengan jadwal yang sama setiap minggunya, sehingga memudahkan anak-anak untuk mengingat jadwal kedatangan perahu pustaka di kampung mereka masing-masing,” jelas Charles Sinaga, Manajer WVI Zonal Papua seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Aman Hasibuan. 

Sementar itu Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry Ferdinand Dien memberikan apresiasinya. “Kami sungguh mengapresiasi program Kampung Rama Anak Papua yang digagas Wahana Visi Indonesia karena telah membantu menyatukan komitmen organisasi masyarakat, pemerintah dan lembaga usaha untuk pembangunan kaampung-kampung yang memperhatikan hak anak, dalam rangka mewujudkan Jayapura yang layak anak. Kami sebagai pemerintah tentunya sangat terbuka untuk segala bentuk kerjasama yang melibatkan semua pihak untuk kepentingan anak-anak tercinta kita. Kiranya kerjasama yang baik ini boleh terus berjalan demi kemajuan generasi masa depan Papua,” ujarnya.

Ditempat yang sama KoordinatorCSR PT SMI. Senada, Hendriko Leonard Wiremmer didampingi Marketing Manager PT. Tetrasa Geosinido, David Saputra menyebutkan, salah satu isu terbesar di Kabupaten Jayapura adalah rendahnya kemampuan baca tulis. Diharapkan dukungan perpusatakaan ini boleh menjadi sebuah kontribusi yang tepat guna dan tepat sasaran yang dapat mencerdaskan anak-anak di Kabupaten Jayapura, khususnya wilayah Sentani.

“Kami sangat senang akhirnya perahu ini sudah jadi dan siap dimanfaatkan oleh anak-anak. Kami berharap kehadiran perahu pustaka ini dapat memberikan akses yang jauh lebih baik terhadap sarana membaca, dan juga mengembangkan wawasan dan karakter anak-anak di Kabupaten Jayapura untuk bisa menghadapi masa depann yang lebih cerah demi kemajuan anak di Kabupaten Jayapura untuk bisa menghadapi masa depan yang lebih cerah kemajuan Bangsa Indonesia,” tandasnya. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar