Senin, 11 Desember 2017

Kemenlu RRT Tanggapi Soal Kapal Perang AS di Dekat Kepulauan Nansha

Jumat, 11 Agustus 2017 22:30

Ayo berbagi!

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang dalam jumpa pers kemarin (10/8) di Beijing mengatakan, kapal pemburu rudal "John S. McCain" milik tentara AS secara sembarangan memasuki perairan dekat pulau dan terumbu Kepulauan Nansha Tiongkok tanpa mendapat izin pemerintah Tiongkok. Pihak Tiongkok menyatakan ketidakpuasan keras dan mengajukan kontak serius kepada pihak AS.

Juru bicara tersebut mengatakan, Tiongkok memiliki kedaulatan yang tak terbantahkan terhadap Kepulauan Nansha serta perairan di sekitarnya. Tindakan kapal perang AS telah melanggar undang-undang Tiongkok dan hukum internasional, dengan serius merugikan kedaulatan dan keamanan Tiongkok, dengan serius membahayakan keamanan jiwa personil kedua pihak di lokasi terkait. Pihak Tiongkok menyatakan ketidakpuasan keras dan mengajukan kontak serius dengan pihak AS.

Geng Shuang menyatakan pula, Tiongkok bertekad tegas untuk memelihara kedaulatan wilayah serta hak dan kepentingan maritim, dengan teguh memelihara perdamaian dan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan. Pihak Tiongkok terpaksa mengambil langkah untuk meningkatkan lebih lanjut kemampuan pertahanan nasional karena provokasi pihak AS tersebut.

Geng Shuang mengatakan, pihak Tiongkok mendesak pihak AS untuk menghormati kedaulatan dan kepentingan keamanan Tiongkok, dengan sungguh-sungguh menghormati upaya bersama negara-negara di kawasan terkait untuk memelihara perdamaian dan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan, AS seharusnya memainkan peranan konstruktif, jangan membuat hal-hal yang merugikan saling percaya kedua negara dan stabilitas regional

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar