Rabu, 18 Oktober 2017

Musim haji, pengusaha souvenir kebanjiran order

Sabtu, 12 Agustus 2017 21:17

Foto: Sutini. Foto: Sutini.
Ayo berbagi!

Kesibukan terlihat dirumah produksi boneka milik Haji Kusnan warga desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kudus Jateng. Sekitar 10an orang pekerja sedang mengerjakan pesanan sovenir haji berupa gantungan kunci boneka onta dan juga sajadah.

Kusnan atau yang akrab disapa Nonan mengaku ramai pesanan dari warga yang akan berangkat haji. "Mereka telah pesan beberapa bulan lalu sebelum musim haji," tuturnya seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Sutini.

Ramainya pesanan membuat pihaknya kewalahan sebab rata-rata pemesanan mencapai 10ribu buah untuk gantungan kunci. Bahkan total pesanan sampai saat ini mencapai 100ribu buah. "Kami terkendala tenaga untuk menerima pesanan sovenir haji, karena kami tidak hanya fokus pada sovenir haji saja melainkan banyak pesanan lainnya", ungkap Nonan.

Untuk bahan baku, dia tidak merasa kesulitan karena telah membeli dalam partai banyak dari wilayah Bandung. Ada berbagai macam bahan yang dibutuhkan dalam membuat sovenir boneka tersebut diantaranya velbota, rarfur dan nytex. "Terkadang ada yang pesan dari satu bahan namun ada juga yang perpaduan berbagai bahan. Tergantung selera konsumen, kami tinggal menyesuaikan", ungkapnya.

Mengenai harga, ia mengaku tidak mematok karena akan disesuaikan dengan bugjet dari pemesan. Untuk sovenir yang paling murah dimulai dari harga Rp. 3000, sampai yang mahal mencapai ratusan ribu.

Ditambahkannya, pemasaran dari sovenir produksinya telah merambah beberapa kota. Namun pihaknya lebih fokus untuk mengisi tokonya sehingga konsumen bisa melihat langsung barang yang akan dibeli.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar