Sabtu, 21 Oktober 2017

Tips untuk Menekan Biaya Pengeluaran Rumah Tangga

Minggu, 13 Agustus 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-untuk-menekan-biaya-pengeluaran-rumah-tangga courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-untuk-menekan-biaya-pengeluaran-rumah-tangga
Ayo berbagi!

Sudah menyusun dan mencoba untuk menjalankan anggaran rumah tangga dengan baik, namun masih saja tekor dan kewalahan memenuhi kebutuhan dalam sebulan? Telah mencoba berhemat dan mengupayakan untuk selalu cermat ketika berbelanja, tetapi uang belanja seringkali habis sebelum tanggal gajian tiba?

Jika hal-hal seperti ini selalu terjadi di dalam keuangan, maka besar kemungkinan memang perlu melakukan evaluasi dan memperketat semua pos pengeluaran di dalam keuangan. Ada banyak orang yang tidak bisa menjalankan semua anggaran rumah tangga dengan efisien, barangkali Anda adalah salah satunya.

Rumah tangga tentu akan memiliki sejumlah kebutuhan yang kompleks, di mana Anda harus dapat memenuhi semua kebutuhan seluruh anggota keluarga dengan sangat tepat. Bukan hanya diri sendiri saja, namun anggaran ini juga harus memenuhi semua kebutuhan pasangan serta anak-anak dengan tepat, sehingga rumah tangga juga bisa berjalan dengan baik.

Bagi pasangan yang baru saja menikah atau bahkan mereka yang baru saja memiliki anggota keluarga baru (bayi), maka besar kemungkinan di bulan-bulan pertama anggaran rumah tangga tidak akan berjalan dengan mulus dan lancar. Namun jika ternyata hal seperti ini terus berlangsung di dalam rumah tangga, maka sejumlah cara dan juga kebijakan khusus harus segera diterapkan di dalam anggaran tersebut.

Jika pengeluaran rumah tangga seringkali membengkak dan keluar dari anggaran yang telah ditetapkan, maka sudah tentu ini akan menjadi masalah di dalam keuangan. Lakukan evaluasi, termasuk dengan menerapkan berbagai cara yang dapat menekan pengeluaran ini dengan efektif.

Simak beberapa tips yang dapat dijalankan untuk menekan biaya pengeluaran rumah tangga dengan tepat berikut ini:

1. Prioritaskan Semua Kebutuhan Pokok

daftar belanja
Daftar Belanjaan Kebutuhan Pokok

Hal yang paling fatal dalam kegagalan sebuah anggaran adalah ketika anggaran tersebut bahkan tidak mampu memenuhi semua kebutuhan pokok dengan baik. Jika kebutuhan pokok ini saja tidak terpenuhi, bagaimana rumah tangga akan berjalan dengan baik dan menyenangkan?

Sangat penting untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pokok rumah tangga dengan tepat, bahkan hal ini harus dilakukan secara keseluruhan, di mana setiap kali gajian Anda dapat memenuhi semua kebutuhan dalam sebulan penuh. Prioritaskan hal ini di dalam anggaran rumah tangga, penuhi semua kebutuhan pokok ini sesaat setelah mendapatkan gaji.

Tindakan ini sangat penting dilakukan sejak awal, terutama bagi yang selalu gagal menjalankan anggaran rumah tangga dengan efektif. Jika semua kebutuhan pokok ini telah terpenuhi dengan baik, maka Anda bisa memikirkan sejumlah kebutuhan lainnya setelahnya. Pengeluaran akan bisa ditekan, terutama untuk berbagai kebutuhan lainnya yang tidak begitu penting di dalam rumah tangga.

 

2. Lakukan Belanja Bulanan yang Cerdas

belanja bulanan
Biaya Belanja Bulanan

Ketika akan berbelanja dan memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, maka akan sangat baik jika dapat melakukannya dengan cerdas. Hal ini akan membantu untuk menekan pengeluaran dengan baik.

Beberapa langkah di bawah ini dapat Anda terapkan ketika berbelanja, sehingga penghematan dapat dilakukan di dalam keuangan:

  • Mencatat semua kebutuhan penting yang harus dibeli, lalu membawa dan mematuhi catatan ini ketika berbelanja.
  • Berbelanja sekaligus dan hindari bolak-balik ke supermarket, sebab ini bisa berujung pada pemborosan.
  • Manfaatkan keuntungan maksimal yang bisa Anda dapatkan ketika berbelanja, misalnya: gunakan diskon / program menarik kartu kredit Anda, manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan toko.
  • Hindari membeli berbagai kebutuhan bulanan dalam ukuran kecil, sebab membeli ukuran besar seringkali akan jauh lebih hemat dan menguntungkan.
  • Pilih waktu / hari tertentu yang paling tepat untuk belanja hemat, sebab biasanya supermarket akan memiliki hari belanja hemat bagi para pelanggannya dan Anda dapat memanfaatkan hal tersebut.
  • Lihat dan gunakan katalog belanja untuk mendapatkan berbagai barang kebutuhan dengan harga terbaik di supermarket.

Berbagai kebutuhan bulanan ini akan terpenuhi dengan baik, jika saja bisa berbelanja dengan cara yang tepat dan hemat.

Baca Juga: Pengelolaan Keuangan yang Baik Sesudah Menikah

3. Segera Pisahkan Uang Tabungan setelah Gajian

tabungan
Uang Tabungan

Sering tergoda membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting? Ini tetap saja sebuah kesalahan, terutama jika Anda selalu berbelanja tanpa sebuah perencanaan yang matang. Hindari hal ini, segera pisahkan uang tabungan sesaat setelah gaji masuk ke rekening tabungan. Ini akan menjauhkan Anda dari keinginan belanja yang sulit dihindarkan.

Anda bisa menabungkan uang tabungan bulanan ini ke dalam rekening terpisah, atau bahkan segera memasukkannya ke dalam celengan khusus di rumah. Hal yang sama juga berlaku untuk sejumlah dana lainnya di dalam keuangan Anda, misalnya: dana pendidikan anak, dana investasi, dan yang lainnya.

Baca Juga: Ketahui Syarat Ibu Rumah Tangga dalam Membuat Kartu Kredit

4. Kurangi Jajan dan Makan di Luar

memasak sendiri
Memasak Makanan Sendiri

Jajan dan terlalu sering makan di luar juga menjadi salah satu alasan mengapa anggaran rumah tangga membengkak dan tidak dapat dieksekusi dengan tepat. Pada awalnya kegiatan ini terlihat sepele dan tidak begitu mengganggu keuangan, namun jika terlalu sering dan sudah berlebihan, maka Anda bisa saja selalu menghabiskan sejumlah dana yang cukup besar untuk jajan dan makan di luar setiap bulannya.

Jangan salah, jumlah ini bahkan bisa membuat Anda kaget jika dihitung secara keseluruhan dalam sebulan. Mulailah untuk menghindari jajan dan makan di luar dengan memasak sendiri dan membawa bekal atau setidaknya kurangi dan batasi saja jika terlalu sulit untuk ditinggalkan.

5. Tentukan Jumlah Pengeluaran Harian

mencatat pengeluaran
Mencatat Pengeluaran Harian

Jika sulit untuk menjalankan dan disiplin mengatur pengeluaran bulanan rumah tangga, maka permudah hal tersebut dengan cara membuat pengeluaran tetap harian terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mudah mengontrol dan membatasi jumlah pengeluaran rumah tangga dengan mudah.

Kenali dan Kelola setiap Pengeluaran

Seberapa besarpun anggaran rumah tangga, jika tidak dijalankan dengan baik maka hal tersebut akan menimbulkan masalah di dalam keuangan. Kenali dan kelola setiap pos pengeluaran dengan tepat, sehingga pengeluaran dapat ditekan dengan efektif. Jika pengeluaran dapat ditekan, maka anggaran rumah tangga akan berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Mengapa Mengenalkan Keuangan Bagi Anak itu Penting? Ini Alasannya

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar