Kamis, 19 Oktober 2017

Gubsu lakukan ground breaking PLTM Lae Ordi 1

Minggu, 13 Agustus 2017 22:15

Foto: Heru Rahmad Kurnia. Foto: Heru Rahmad Kurnia.
Ayo berbagi!

Gubernur Sumatera Utara melakukan ground breaking pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTM) Lae Ordi 1.

Peletakan batu pertama pembangunan PLTM Lae Ordi 1 ini dilakukan Sabtu (12/8) di Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu dan Wakil Bupati Pakpak Bharat, Maju Ilyas Padang, mewakili BKPM Pusat, mewakili Dirjen Ketenagalistrikan, mewakili Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Komisaris PT Phakpak Bumi Energi (PBE), Indra Utama, Direktur Utama PT PBE, Yufa Artha Sari.

Menurut Gubsu Tengku Erry Nuradi, pembangunan PLTM Lae Ordi 1 ini meupakan hal yang positif bagi Sumatera Utara, karena dapat mendorong sektor perekonomian.

"Apalagi Sumut sangat membutuhkan energi listrik, terutama energi listrik terbarukan," kata Gubsu Tengku Erry Nuradi seperti dilaporkan Heru Rahmad Kurnia, Minggu (13/8).

Dipaparkan Gubsu Tengku Erry Nuradi, kondisi kelistrikan Sumut pada beban puncak mencapai 2.000 MW, sementara daya mampu pasok lebih kurang 2.200 MW, sehingga mempunyai cadangan listrik sebesar 200 MW.

Kondisi sistem kelistrikan dengan cadangan daya lebih kurang 200 MW itu, menurut Tengku Erry, tentunya cukup beresiko karena apabila terjadi kerusakan pada unit pembangkit, maka akan terjadi pemadaman listrik.

Sumatera Utara, kata Tengku Erry, sebenarnya memiliki sumber energi terbarukan seperti tenaga air, panas bumi, biomassa, biogas dan tenaga surya.

Potensi ini tentunya sangat mungkin untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi energi listrik.

Oleh karenanya, kata Tengku Erry, sangat diperlukan untuk memanfaatkan potensi sumber energi terbarukan, apalagi untuk pemanfaatan potensi tenaga air menjadi tenaga listrik telah ditetapkan dalam  UU Nomor 30 tentang Ketenagalistrikan.

Dari total potensi air di Sumut berkapasitas 2.500 MW, papar Tengku Erry, potensi yang sudah dimanfaatkan baru berupa 5 PLTA berkapasitas 950 MW dan 7 PLTM berkapasitas 54 MW.

“Untuk itulah kehadiran pembangkit listrik yang baru sangat diharapkan untuk membantu kondisi kelistrikan di Sumut. Makanya, saya mengapresiasi PT PBE yang mau membangun PLTM ini untuk membatu kelistrikan di Sumut,” kata Tengku Erry. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar