Selasa, 26 September 2017

Ratusan pelajar di Kudus ikuti sosialisasi faham radikal

Selasa, 22 Agustus 2017 21:55

Foto Kontributor Elshinta, Sutini Foto Kontributor Elshinta, Sutini
Ayo berbagi!

Ratusan perwakilan pelajar dari SMA/SMK se Kabupaten Kudus, Jawa Tengah serta anggota Paskibra Kabupaten Kudus Tahun 2017 mengikuti kegiatan Peningkatan Optimalisasi Peran Pelajar Dalam Rangka Deteksi Dini dan Antisipasi Gangguan Keamanan atau faham Radikal, yang berlangsung di Aula Balai Desa Rendeng Kota Kudus, Selasa (22/8). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Kantor Kesbangpol, Disdikpora serta Polres Kudus. 

Eko Hari Jatmiko, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Kudus sebagai salah satu nara sumber mengatakan generasi muda sangat rentan menjadi sasaran pengaruh paham-paham radikal yang dapat merongrong keutuhan bangsa. Sehingga perlu dibentengi dengan pengetahuan terkait paham-paham tersebut, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini.

Dikatakan Eko, pemilihan Pancasila dan NKRI oleh para pendiri bangsa bukan tanpa alasan. Dimana pemilihan tersebut telah sesuai dengan syariat agama karena dipilih berdasar ijtima’ para tokoh dan ulama pendiri bangsa waktu itu. "Jadi tidak ada keragu-raguan ataupun keinginan untuk menggantinya dengan yang lain," kata Eko. 

Senada Ipda Subekhan Nara sumber dari Polres Kudus menambahkan ada banyak bentuk ancaman terhadap ideologi negara, diantaranya adalah faham radikal dan aksi terorisme.

Subekhan menjelaskan tentang pengertian radikalisme dan ciri-ciri dari faham radikal agar para pelajar memahami sehingga tidak mudah terpengaruh.

Disampaikannya, ada beberapa upaya deteksi dini yang dapat dilakukan sebagai antisipasi terhadap penyebaran faham radikal khususnya bagi pelajar.

Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membentengi pelajar dari pengaruh faham radikal, serta akan dapat ditularkan ke pelajar lainnya melalui organisasi atau kegiatan sekolah. "Terlebih yang hadir adalah anggota Paskibra dan Pengurus OSIS di masing-masing sekolah," tandas Subekhan.  (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar