Selasa, 26 September 2017

Panorama Danau Toba dilihat dari Taman Edukasi Sipinsur

Minggu, 27 Agustus 2017 19:53

Foto: Heru Rahmad Kurnia. Foto: Heru Rahmad Kurnia.
Ayo berbagi!

Taman Edukasi Sipinsur salah satu objek wisata yang ada di kawasan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Taman edukasi ini berada di atas perbukitan di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara.

Taman Edukasi Sipinsur ini merupakan salah satu objek tujuan wisata yang akan masuk dalam objek wisata Taman Bumi atau Geopark Kaldera Toba yang akan segera diusulkan kepada UNESCO.

Di Taman Edukasi Sipinsur ini, para wisatawan dapat menikmati langsung panorama maupun pemandangan Danau Toba dari atas perbukitan.

Dari Taman Edukasi Sipinsur tersebut dapat terlihat jelas Pulau Sibandang dan Kota Muara yang berada persis di bibir Danau Toba yang masuk dalam kawasan Kabupaten Tapanuli Utara.

Dengan hamparan lahan yang cukup luas, di Taman Edukasi Sipinsur ini juga terdapat banyak Pohon Pinus, sehingga udara di taman ini masih sangat asri dan sejuk.

Lokasi wisata ini tidak terlalu jauh dari Bandara Silangit yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara. Setelah wisatawan tiba di Bandara Silangit, estimasi waktu untuk mencapai lokasi wisata ini diperlukan waktu lebih kurang 50 menit hingga 60 menit.

Tentunya untuk mendukung kepariwisataan Provinsi Sumatera Utara tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus melakukan pembenahan-pembenahan agar Taman Edukasi Sipinsur ini beserta beberapa objek wisata lainnya di kawasan Danau Toba dapat menjadi kawasan objek wisata Taman Bumi atau Geopark Kaldera Toba oleh UNESCO.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hj Nurhajizah Marpaung telah berulang kali melakukan peninjauan ke lokasi-lokasi wisata yang ada kawasan Danau Toba tersebut

Tentunya ini menunjukkan keseriusan dari Pemprov Sumut agar kawasan Danau Toba ini menjadi menjadi objek wisata Taman Bumi atau Geopark Kaldera Toba.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hj Nurhajizah Marpaung menyampaikan, tadinya Taman Sipinsur ini mau dijadikan taman bunga, tapi tidak jadi sehingga dijadikan sebagai Taman Edukasi.

"Di taman ini nanti akan ada jogging track nya, kalau perlu nanti segala macam permainan, kayak di tentara gitu, kayak latihan-latihan, kalau outbound sudah biasa banget, orang bisa jatuh kebawah situ, bisa manjat," kata Hj Nurhajizah Marpaung seperti dilaporkan Reporter elshinta, Heru Rahmad Kurnia, Minggu (27/8).

Disampaikan Hj Nurhajizah, tugas Pemprov Sumut berat sekali, waktu hanya tinggal beberapa bulan lagi untuk mengusulkan kembali objek wisata Taman Bumi atau Geopark Kaldera Toba ini ke UNESCO.

Wagub Sumut Hj Nurhajizah Marpaung didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut, Hidayati menyampaikan, pada destinasi wisata nanti, akan ada pusat informasi, petunjuk-petunjuk informasi dan akan diberikan informasi yang lengkap.

Begitu orang turun dari Bandara Kualanamu atau masuk dari Berastagi, kata Hj Nurhajizah, orang sudah tau berapa objek wisata yang harus didatangi.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Sumut mengajukan kembali kepada UNESCO agar Geopark Kaldera Toba ditetapkan menjadi salah satu objek wisata taman bumi atau Geopark kelas dunia.

Mudah-mudahan, kata Hj Nurhajizah, pada 1 November 2017 nanti surat pengajuan kembali kepada UNESCO itu sudah dikirimkan.

"Semoga saja dalam tiga bulan ini yang berkaitan dengan pengusulan Geopark Kaldera Toba sudah selesai ," ujar Hj Nurhajizah.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar