Sabtu, 18 November 2017

Air terjun Janji salah satu objek wisata di kawasan Danau Toba

Selasa, 29 Agustus 2017 16:19

Foto: Heru R. Kurnia. Foto: Heru R. Kurnia.
Ayo berbagi!

Wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara ternyata tidak hanya dapat menikmati keindahan Danau Toba saja, tapi juga dapat menikmati keindahan-keindahan alam objek wisata lainnya yang ada di kawasan Danau Toba tersebut.

Ada banyak objek wisata lainnya yang terdapat di kawasan Danau Toba itu yang saat ini sedang diusulkan menjadi kawasan wisata Taman Bumi atau Geopark Kaldera Toba kepada UNESCO.

Seperti halnya objek wisata Air Terjun Janji (Waterfall of Janji). Air terjun ini berada di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara.

Air terjun ini juga tidak jauh dari Danau Toba. Beberapa meter dari air terjun ini, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam Danau Toba.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, disepanjang jalan para wisatawan juga dapat menikmati panorama keindahan alam Danau Toba.

Manahan Marbun, pengelola objek wisata Air Terjun Janji ini menyampaikan, jika sumber air terjun ini berasal dari pegunungan.

Menurut Manahan Marbun, cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Janji ini, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu.

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Janji itu ada yang berasal dari kota-kota yang ada di kawasan Danau Toba seperti Tarutung, Pematang Siantar, Balige bahkan wisatawan dari Kota Medan dan mancanegara juga berwisata ke Air Terjun Janji.

Selain dapat menikmati keindahan air terjun, pengelola objek wisata Air Terjun Janji juga menyediakan lokasi pemandian, dimana air pemandian tersebut merupakan aliran dari Air Terjun Janji.

Lokasi objek wisata ini sangat terawat, pengelola air terjun merawat objek wisata ini. Suasana alamnya masih sangat sejuk dan asri, bahkan bebatuan besar masih terlihat di sekitar lokasi air terjun.

Untuk memasuki air terjun, hanya berjalan beberapa meter saja dari pintu masuk atau lokasi parkir yang telah disediakan oleh pengelola objek wisata, jalan masuk menuju air terjun juga tidak sulit.

Sebab pengelola telah merapikan jalan setapak dengan semen untuk memudahkan para wisatawan sampai ke lokasi air terjun.

Manahan Marbun sebagai pengelola objek wisata Air Terjun Janji juga menyiapkan sarana istirahat seperti warung dengan sajian makanan dan minuman bagi para wisatawan untuk melepas lelahnya setelah selesai menikmati keindahan alam air terjun.

Untuk mengembangkan potensi wisata Air Terjun Janji agar semakin ramai dikunjungi wisatawan, Dinas Pariwisata Kabupaten Humbang terus mempromosikan objek wisata Air Terjun Janji ini melalui media sosial maupun sarana informasi lainnya.

Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pariwisata Humbang Hasundutan, Barita Manulang menyampaikan, Dinas Pariwisata juga berupaya mencari investor agar berinvestasi disini untuk sarana penginapan dan lainnya.

Untuk saat ini, kata Barita seperti dilaporkan Reporter elshinta, Heru R. Kurnia, penginapan yang ada di Batu Gajah dan Tipang Mas, tidak jauh dari lokasi Air Terjun Janji ini.

Seperti dilaporkan Heru Rahmad Kurnia, Selasa (29/8), beberapa hari yang lalu, Wakil Gubernur Sumatera Utara Hj Nurhajizah Marpaung bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Hidayati meninjau langsung objek wisata Air Terjun Janji ini.

Peninjauan itu dilakukan sekaitan dengan pengusulan objek-objek wisata yang ada di kawasan Danau Toba sebagai objek wisata Taman Bumi atau Geopark Kaldera Toba yang akan diusulkan kepada UNESCO. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar