Sabtu, 23 Juni 2018 | 17:31 WIB

Daftar | Login

SDGs / Aktual SDGs

UNIC ajak masyarakat ambil peran dukung pelaksanaan SDGs

Sabtu, 29 Juli 2017 - 16:51 WIB    |    Penulis : Dewi Rusiana    |    Editor : Administrator
Foto: Elshinta/Remond Fauzi
Foto: Elshinta/Remond Fauzi

Direktur United Nations Information Centre (UNIC) Jakarta, Eshila Maravanyika mengatakan bahwa implementasi dari program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di masing-masing negara diserahkan kepada masyarakat dan pemerintahan atau pemangku kepentingan di negara tersebut.

Eshila mencontohkan, SGDs dapat diimplementasikan dalam komunitas masing-masing untuk menggunakan sumber daya secara bertanggung jawab, dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan melakukan aktivitas-aktivitas pembangunan di skala lokal yang tidak memerlukan sumber daya berlebihan. Sehingga, kata dia, pada dasarnya masing-masing warga Indonesia diberdayakan untuk mengambil inisiatif-inisiatif tersendiri untuk mengimplementasikan SDGs.

Demikian dikatakan Direktur UNIC Jakarta, Eshila Maravanyika dalam kunjungannya ke Radio Elshinta, Selasa (29/8), dalam wawancara yang dipandu Mario Vau.

Lebih jauh, ditanya mengenai jenis kerjasama yang dapat dilakukan oleh para pemangku kepentingan di Indonesia terkait dengan SDGs, baik itu oleh pemerintah, dari pihak PBB maupun publik, Eshila mengatakan bahwa kemitraan ini dapat dilakukan oleh siapapun.

Salah satu contoh yang diberikannya adalah, "Ketika petinggi di PBB mendengar bahwa di negaranya terdapat banyak anak-anak usia sekolah, perempuan, yang tidak dapat sekolah dan itu ternyata karena biaya, hingga akhirnya dia (petinggi PBB itu) mengambil inisiatif melakukan satu pencarian dana dengan lari marathon, dan hasil dari pengumpulan dana itu digunakan untuk membiayai anak-anak tersebut untuk bersekolah".

Sehingga, jelas Eshila, pada dasarnya berbagai macam kegiatan dapat dilakukan di komunitas masing-masing, bahkan mulai dari yang terkecil, dengan memetakan ke-17 tujuan SDGs dan dapat dilakukan secara nyata di masyarakat.

Eshila menyebut beberapa contoh tersebut adalah upaya-upaya yang dapat terus dilakukan, bukan hanya oleh pemerintah tapi oleh masing-masing masyarakat.

Karenanya, ia mengajak semua masyarakat untuk mengambil perannya tersendiri untuk mendukung pelaksanaan SDGs, baik itu dari hal-hal terkecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga lingkungan hidup, menjaga kebersihan, dan banyak hal lainnya.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Event | 23 Juni 2018 - 17:11 WIB

Shaqiri pastikan kemenangan Swiss 2-1 atas Serbia

Arestasi | 23 Juni 2018 - 16:35 WIB

Densus 88 tembak mati dua terduga teroris

Aktual Dalam Negeri | 23 Juni 2018 - 16:22 WIB

Pemerintah bentuk ad hoc selidiki KM Sinar Bangun

Ekonomi | 23 Juni 2018 - 16:10 WIB

Permintaan uang kartal libur Lebaran capai Rp2 triliun

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com