Sabtu, 18 November 2017

Bea Cukai Juanda gagalkan penyelundupan narkoba

Selasa, 29 Agustus 2017 20:28

Ayo berbagi!

Petugas Bea dan Cukai Juanda Surabaya, Jawa Timur berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu yang akan dikirimkan melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Kepala Bea Cukai Juanda Mochamad Mulyono, Selasa mengatakan, narkoba yang akan diselundupkan itu dibawa oleh seseorang berinisial MS dari Malaysia menuju ke Surabaya dengan menggunakan pesawat AirAsia bernomor penerbangan XT393.

"Atas tangkapan tersebut, petugas berhasil menyita barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dengan berat 1.940 gram yang disimpan di dasar tas," ujarnya saat temu media di Surabaya.

Ia mengemukakan, pengungkapan upaya penyelundupan narkoba ini berhasil diungkap setelah petugas mencurigai seseorang berinisial MS turun dari pesawat.

"Setelah dilakukan pemeriksaan luar dan dilakukan tanya jawab, pelaku ini terlihat panik dan berusahaa untuk melarikan diri. Kemudian, oleh petugas dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaanya dan diketahui kalau ada serbuk putih yang diduga sebagai narkoba jenis sabu-sabu," ungkapnya.

Ia mengatakan, pelaku dijerat dengan UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dan sabu-sabu merupakan golongan I narkotika, maka mendapatkan pelanggaran pidana Pasal 113 ayat 1 dan 2 dengan ancaman penjara 15 tahun.

"Dalam hal ini barang bukti lebih dari 5 gram maka pelaku diancam dengan hukuman mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun," ucapnya.

Ia menjelaskan, upaya penggagalan narkoba jenis sabu-sabu ini telah menyelamatkan sekitar 9.700 orang generasi muda dengan penghitungan 1 gram dikonsumsi oleh lima orang.

"Upaya penelundupan narkoba jenis sabu-sabu ini merupakan kerja sama berbagai pihak seperti Imigrasi Bandara Junda, Pengamanan Bandara dalam hal ini Lanudal, Pomal, dan Avsec PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya," ujarnya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar