Selasa, 26 September 2017

Kemenkes pastikan pengungsi Rohingya dapat layanan kesehatan

Selasa, 05 September 2017 14:41

Foto: Redaksi. Foto: Redaksi.
Ayo berbagi!

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan pengungsi etnis Rohingya yang berada di Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini dilakukan pemerintah mesti pengungsi juga telah ditangani Badan Pengungsi PBB United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

“Dimanapun tempatnya kalau ada pengungsi yang sakit dan butuh fasilitas maka pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat akan menanganinya” ujar Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Achmad Yurianto kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/9), mengutip indonesiakita.co.

Yurianto menjelaskan, meski Kemenkes hanya menjadi pendukung kebutuhan UNHCR dan International Organization for Migration (IOM), jika pengungsi membutuhkan layanan kesehatan di rumah sakit umum daerah (RSUD) atau fasilitas kesehatan lainnya.

Hal tersebut karena selama ini pengungsi diterima dan dirawat oleh UNHCR dan IOM. Semua kebutuhan logistik kesehatan dan kebutuhannya menjadi tanggungan UNHCR atau IOM. “Sedangkan pemerintah menerima pengungsi untuk transit di Tanah Air demi alasan kemanusiaan,” tegasnya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar