Sabtu, 20 Januari 2018

Lakukan ini di Konten Sosial Mediamu Biar Karir Makin Cemerlang

Jumat, 08 September 2017 14:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/lakukan-ini-di-konten-sosial-mediamu-biar-karir-makin-cemerlang courtesy https://www.cermati.com/artikel/lakukan-ini-di-konten-sosial-mediamu-biar-karir-makin-cemerlang
Ayo berbagi!

Perkembangan teknologi informasi telah membawa banyak sekali perubahan di dalam kehidupan kita. Bukan hanya kemudahan semata, namun hal ini juga memungkinkan kita untuk lebih mudah terhubung dengan orang lain. Salah satu dampak paling nyata yang bisa kita nikmati dari hal ini adalah sosial media. Sosial media memungkinkan kita untuk terhubung dengan berbagai komunitas, bahkan yang berada jauh dari lingkungan kita sekalipun.

Bukan hanya di dalam kehidupan sosial saja, namun sosial media juga bisa menjadi sarana yang baik dalam mendukung karirmu. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri untukmu, sebab dengan beberapa cara yang mudah saja melalui sosial media yang kamu miliki, kamu bisa membuka peluang peningkatan karir ke arah yang lebih baik dari sekarang. Bagi kamu yang senang bersosial media, tidak ada salahnya menggunakan media tersebut dalam menunjang karir yang kamu geluti.

Untuk meningkatkan karirmu, lakukan beberapa hal ini pada konten sosial mediamu mulai sekarang:

Baca Juga: 10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis

1. Kelola Akun agar Terlihat Lebih Profesional

mengelola akun sosial media
Ilustrasi Mengelola Akun Sosial Media

Meski telah bekerja dan menjadi seorang profesional, di luar sana ada banyak orang yang tidak menunjukkan hal yang sama di dalam sosial media mereka. Hal ini memang bukan sebuah kewajiban, namun tetap sangat penting untuk diperhatikan.

Mulailah mengelola akun sosial media kamu agar terlihat lebih layak dan profesional, sehingga orang-orang yang melihatnya akan yakin dengan kemampuan serta integritas kamu dalam bekerja. Keseriusan dalam berkarir bisa ditunjukkan melalui berbagai hal, termasuk melalui sosial media yang kamu miliki saat ini.

2. Bergabung dan Berinteraksi dengan Grup yang Sesuai dengan Profesi

Tidak hanya sekedar berinteraksi dengan teman atau kerabat saja, sosial media juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berasal / menggeluti profesi yang sama dengan kamu. Jika kamu bergabung dengan grup seperti ini, maka kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan informasi serta pengetahuan tentang profesi kamu.

Kamu bisa meng-update informasi peluang karir terkini, termasuk bertemu dengan orang-orang sukses di bidang yang kamu tekuni. Hal ini akan memberi kamu pengalaman yang positif, di mana kamu dapat bergabung dan berinteraksi dengan lebih leluasa dengan para profesional lainnya dari berbagai wilayah yang berbeda.

3. Gunakan Foto Profil yang Layak dan Profesional

ilustrasi upload foto profil
Ilustrasi Upload Foto Profil Sosial Media

Saat mengunjungi halaman sosial media seseorang, foto profil akan menjadi salah satu poin penting yang selalu menjadi perhatian utama. Bukan kamu saja, namun orang-orang lainnya juga akan melakukan hal yang sama. Sangat penting untuk menggunakan foto profil yang layak dan profesional, sehingga foto ini bisa menunjukkan betapa pentingnya karir dan sikap profesional itu buat kamu. Ini akan menjadi “daya jual” tersendiri, sebab bagaimanapun juga penampilan tetap menjadi poin penting yang wajib untuk selalu dijaga kelayakannya.

 

4. Selektif dalam Memilih Teman

Teman kamu akan menujukkan siapa kamu sebenarnya, ungkapan seperti ini tentu bukan hal yang baru lagi pada pendengaran kamu, bukan? Pada dasarnya, cara kita bergaul memang akan menujukkan kualitas diri kita yang sebenarnya, termasuk cara kita dalam bersosial media.

Hindari untuk berteman dengan semua orang, terutama yang tidak kamu kenal  dan tidak memiliki minat yang sama denganmu. Jumlah teman di sosial media, tidak selalu menunjukkan betapa luasnya pergaulan kamu, sebab hal ini justru bisa saja merepotkan diri kamu sendiri. Selektiflah dalam memilih teman, bahkan meski mereka mengikuti atau menambahkan kamu sebagai teman mereka. Dalam memilih teman ini, gunakan istilah “kualitas bisa menentukan mutu yang lebih baik dari kuantitas”.

5. Kelola Album serta Foto dengan Baik

mengelola foto sosial media
Mengelola Album Foto Sosial Media

Punya banyak postingan foto lawas di sosial media? Hal ini bisa saja membuat kamu terlihat tidak profesional dalam mengembangkan karir kamu saat ini, terutama jika foto-foto itu memang tidak layak. Kelola kembali foto dan album di sosial media kamu, hapuslah foto-foto yang kamu anggap tidak layak atau bahkan terlihat tidak profesional. Tindakan ini akan mengubah sosial media kamu lebih tertata dan terlihat berbeda dari beberapa tahun sebelumnya, terutama jika kamu termasuk orang yang rajin memosting foto ke akunmu.

Jika merasa sayang, kamu bisa menyimpan foto-foto ini terlebih dahulu ke media lain (hardisk atau komputer), sebelum akhirnya menghapusnya secara permanen. Atau, kamu juga bisa menggunakan fitur tertentu di dalam akun sosial media kamu, yang memungkinkan kamu mengelola foto-foto tersebut agar tidak bisa dilihat oleh semua orang (teman kamu).

6. Hindari untuk Memosting Hal-Hal yang Tidak Perlu

Selain foto, berbagai postingan lainnya di akun sosial media kamu juga menjadi hal yang patut untuk dicermati dengan baik. Jangan sampai kamu memosting berbagai hal yang tidak perlu atau bahkan bisa merusak karir profesional kamu saat ini. Hindari untuk membuat berbagai postingan yang tidak perlu, termasuk berbagai komentar yang bisa mengurangi “nilai jual” kamu di dunia kerja. Hal ini tentu akan sangat tergantung pada kebiasaan masing-masing orang.

Namun jika selama ini kamu sudah terlanjur memosting banyak hal yang bisa membuat kamu terlihat tidak profesional, maka tidak ada salahnya untuk mulai bersih-bersih dan menghapus sedikit demi sedikit postingan tersebut. Cek dengan teliti, terutama postingan kamu terkait dengan pekerjaan, perusahaan, atau bahkan karir kamu.

7. Gunakan Etika dan Bahasa yang Pantas

etika bahasa yang baik
Etika dan Bahasa yang Pantas

Di luar semua poin tersebut di atas, hal terpenting lainnya untuk selalu diperhatikan adalah etika serta bahasa yang kamu gunakan saat bersosial media. Kedua hal ini akan berpengaruh pada karir kamu, itulah mengapa sangat penting untuk selalu menjaga tata bahasa serta etika di mana saja kamu berada, termasuk saat berada di sosial media.

Selalu hindari kata-kata dan sikap yang kasar dan tidak sopan, sebab ini bisa saja membuat karir kamu terhambat dengan maksimal.

Baca Juga: Strategi Sukses Berbisnis UKM via Facebook, Twitter, dan Instagram

Gunakan secara Profesional dan Dalam Porsi yang Tepat

Apapun sosial media yang kamu gunakan saat ini, penting untuk selalu menempatkan sikap profesional kamu ketika menggunakannya. Jika digunakan dengan tepat, maka sosial media juga bisa memberikan peningkatan bagi karir kamu. Untuk itu, selalu gunakan secara profesional dan dalam porsi yang tepat, agar sosial media kamu bisa memberikan dampak positif di dalam perkembangan karir kamu ke depannya.

Baca Juga: 7 Alasan Pegawai Betah Bekerja Selain Gaji

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar