Selasa, 26 September 2017

Daily Telegraph angkat fakta pariwisata Indonesia

Jumat, 08 September 2017 18:06

Ayo berbagi!

Ragam pariwisata Indonesia rupanya dilirik berbagai media mancanegara. Salah satunya rubrik travel di laman Daily Telegraph yang mengangkat berbagai fakta tentang Wonderful Indonesia yang bisa memikat para wisatawan mancanegara.

Media dengan jaringan terluas di Britania Raya itu bahkan menyebut Indonesia sebagai negeri yang amazing alias menakjubkan. Fakta itu menguatkan rumus 3C Menteri Pariwisata Arief Yahya yakni Confidence, Credible dan Calibration. "Tidak salah Presiden Jokowi menjadikan pariwisata sebagai leading sector dan core economy bangsa," ucap Arief Yahya, Jumat (8/9).

Mengutip Kontan, artikel tersebut memuat mulai dari kondisi geografis, panorama alam, perkembangan bisnis penerbangan yang sangat pesat, hingga spot indah untuk foto dan biaya pelesiran murah. Itulah yang menarik bagi media mancanegara.

"Ketika media dengan kesadaran sendiri mengangkat tema keunggulan pariwisata Indonesia, ini akan semakin terkalibrasi, bahwa Indonesia memang juara," kata Arief Yahya.

Berikut ini adalah ‘amazing list’ dari laman Daily Telegraph tentang Indonesia.

- Indonesia memiliki banyak daratan

Indonesia membentang sepanjang 5.120 kilometer dari timur ke barat. Bentang itu jauh lebih panjang ketimbang jarak London ke Tehran sejauh 4.403 kilometer.

- Punya banyak pulau

Indonesia selama ini disebut memiliki 17.508 pulau. Buku publikasi tahunan CIA juga mencatat Indonesia memiliki 17.508 pulau.

- Indonesia sebagai surga bagi keanekaragaman hayati.

Lembaga konservasi internasional mencatat hanya ada 17 negara yang memiliki keanekaragaman hayati. Indonesia adalah salah satunya karena memiliki berbagai macam spesies.

- Habitat bagi komodo

Nama komodo mendunia dengan sebutan dragon. Kadal raksasa itu hanya ada di Indonesia dan habitatnya ada di Pulau Komodo, Rica, Flores, Gili Motang dan Padar di Nusa Tenggara Timur.

- Bisnis penerbangan yang berkembang cepat. Saat ini ada tujuh maskapai Indonesia yang diizinkan terbang di langit Eropa. Yakni Airfast Indonesia, Premiair, Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air and Indonesia AirAsia.

- Punya banyak gunung api

Indonesia menjadi salah satu negeri dengan jumlah gunung api paling banyak. Indonesia hanya kalah oleh Amerika Serikat dan Rusia.

- Punya banyak gunung untuk pendakian. Selain itu, satu dari gunung tertinggi di dunia juga ada di Indonesia. Namanya Pegunungan Jayawijaya yang punya gunung-gunung setinggi lebih dari 4.500 meter di atas permukaan laut.

- Punya 8 situs warisan dunia

Indonesia punya situs warisan dunia yang tak ditemui di negara lain. Taman Nasional Komodo adalah salah satunya.

- Punya bunga terbesar di dunia.

Pulau Sumatra menjadi endemik bagi raflesia arnoldi yang dijuluki terbesar di dunia. Nama bunga beraroma daging busuk itu berasal dari gabungan dari dua penemunya, yakni Thomas Stamford Raffles dan Joseph Arnold.

- Punya banyak pantai

Jika mencintai tepi laut, maka Indonesia adalah destinasi yang tepat. Travelista tak akan dikecewakan oleh pantai-pantai di Indonesia. Total panjang garis pantai Indonesia mencapai 54.716 kilometer.

- Indonesia sebagai destinasi favorit berbiaya murah

Belum lama ini World Economic Forum (WEF) menyusun laporan dua tahunan tentang daya saing perjalanan dan wisata yang merujuk faktor keamanan, infrastruktur, kesehatan dan sumber daya budaya. Indonesia berada 20 negara yang menyajikan harga secara kompetitif bagi wisatawan. Bahkan, Indonesia ada di peringkat lima besar bersama Aljazair, Malaysia, Mesir dan Iran.  

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar