Sabtu, 18 November 2017

Xi Jinping Adakan Pembicaraan Telepon Dengan Presiden Prancis Macron

Sabtu, 09 September 2017 23:00

Ayo berbagi!

Presiden Tiongkok, Xi Jinping kemarin (8/9) mengadakan pembicaraan telepon dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron dengan memenuhi undangannya.

Presiden Xi menunjukkan, Tiongkok amat mementingkan persahabatan tradisional Tiongkok-Prancis. Kedua pihak hendaknya saling menghormati kepentingan inti dan keprihatinan penting, dan di atas dasar itu terus mengembangkan kerja sama lebih erat, mewujudkan kemenangan bersama yang berlevel tinggi, dan mendorong hubungan Tiongkok-Prancis berkembang secara kontinu, sehat dan mantap. Tiongkok memandang Prancis dan Eropa sebagai kekuatan penting dalam memelihara kestabilan dan kemakmuran dunia. Presiden Xi menyetujui pemeliharaan kontak dan koordinasi erat antara kedua negara mengenai masalah penting global dan regional.

Presiden Emmanuel Macron menyatakan, Prancis dan Tiongkok adalah mitra strategis komprehensif. Pada situasi internasional dewasa ini, kerja sama antara Prancis dan Tiongkok dalam menghadapi tantangan global merupakan hal yang lebih penting daripada masa yang sudah-sudah.

Pemimpin kedua negara sempat bertukar pendapat mengenai situasi Semenanjung Korea. Presiden Xi menekankan, Tiongkok mempertahankan target denuklirisasi di Semenanjung Korea, dengan tegas menjaga sistem non-proliferasi nuklir internasional serta memelihara perdamaian dan kestabilan di Asia Timur Laut. Masalah Semenanjung Korea pada akhirnya hanya dapat diselesaikan melalui jalur damai termasuk dialog dan konsultasi. Prancis sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, diharapkan dapat memainkan peranan kontruktif demi meredakan situasi dan menghidupkan kembali dialog.

Presiden Emmanuel Macron menyatakan, Prancis berupaya menjaga perdamaian dan kestabilan Semenanjung Korea, mementingkan pendirian dan peranan penting Tiongkok dalam menyelesaikan masalah nuklir Semenanjung Korea, serta bersedia meningkatkan kerja sama dengan Tiongkok untuk mendorong masalah Semenanjung Korea diselesaikan dengan layak.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar