Selasa, 26 September 2017

Grand Slam 'gila' dengan dua juara yang bangkit dari cedera berat

Senin, 11 September 2017 15:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!
Sloane Stephens dan rafael Nadal
Getty Images

Amerika Terbuka, grand slam penutup musim, menghasilkan dua juara, Sloane Stephens dan Rafael Nadal, yang sama-sama lama didera cedera berat.

"Susah dipercaya," kata Nadal. "Sesudah beberapa tahun didera masalah danb cedera, kadang tampil buruk, sejak awal musim, semuanya jadi begitu emosional, tambah Nadal.

Sloane Stephens menggambarkan kemenangannya lebih tegas lagi. Gila, katanya. "Tatkala saya menjalani bedah di kaki, saya sama sekali tak membayangkan akan pernah menjadi juara AS Terbuka. Bahkan membayangkan akan masuk peringkat 100 dunia pun tidak. Ini sinting," kata Stephens.

Dalam final tunggal putera di Flushing Meadows itu Rafael Nadal menjuarai tunggal putera setelah mengalahkan pemain Afrika Selatan, Kevin Anderson, 6-3 6-3 6-4. Sementara di final tunggal putri, Sloane Stephens menjadi juara setelah mengalahkan sesama debutan finalis Grand Slam, Madison Keys, 6-3 6-0.

Grand Slam ke 16 dan pertama

Bagi Nadal, ini merupakan gelar Grand Slam yang ke 16, namun bagi Stephens, ini gelarnya yang pertama.

Dalam catatan rekor Grand Slam putera, Nadal yang juga memenangkan Prancis terbuka 2017, masih tertinggal tiga gelar dari Roger Federer, yang di tahun 2017 ini berhasil merebut gelar Wimbledon dan Australia Terbuka, sudah mengumpulkan 19 Grand Slam.

Rafael Nadal
Getty Images

Rafael Nadal selama beberapa tahun terakhir didera cedera, sehingga sempat absen hampir dua tahun. Di final Australia Terbuka Januari lalu, ia berhadapan dengan Roger Federer yang sama-sama baru bangkit dari cedera dan kalah dalam lima set, 6-4, 3-6, 6-1, 3-6, 6-3.

Di Prancis Terbuka, Federer absen, dan Nadal juara. Di Wimbledon, Nadal kalah di babak ke-empat dari pemain tak dikenal asal Luksemburg, Giles Muller, 6-3 6-4 3-6 4-6 15-13. Sementara dua pemain kuat lain yang selama ini mendominasi, Novak Djokowic cedera sehingga mengundurkan diri di perempat final, dan Andy Murray kalah di babak ke-empat. dan di final, Roger Federer menundukan Marin Cilic tiga set langsung untuk memperpanjang rekor Grand Slamnya menjadi 19, yang kini berusaha dikejar Nadal.

sloane Stephens
Getty Images

Sementara Sloane Stephens, selama tahun lalu bagai tak bergerak sama sekali setelah menjalani operasi kaki kanan.

Selama 11 bulan ia tak tampil, dan baru 69 hari sebelum finalmitu ia kembali masuk gelanggang.

Hanya enam pekan sebelum final itu, peringkatnya melorot ke posisi 957. Siapa nyana ia malah jadi pemain perempuan kelima di era terbuka yang menjadi juara Grand slam padahal tak diunggulkan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar