Jumat, 22 September 2017

Arsitek dan pengembang perumahan diminta tetap mengedepankan etnik lokal

Selasa, 12 September 2017 19:44

Foto: Heru Rahmad Kurnia Foto: Heru Rahmad Kurnia
Ayo berbagi!

Para arsitek maupun pengembang perumahan yang ada di Sumatera Utara bisa menghadirkan kreasi yang modernis dengan tetap mengedepankan unsur etnik lokal serta keramahan lingkungan.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa arsitektur di Indonesia dahulunya sudah sedemikian berkembang, ditandai dengan adanya bangunan maupun monument yang begitu indah," kata Wakil Gubernur Sumut, Hj Nurhajizah Marpaung pada pembukaan Seminar Nasional Jelajah Arsitektur Tradisional 2017 di Medan, Selasa (12/9), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia.

Dicontohkan Hj Nurhajizah, seperti di Kota Medan ini, banyak gedung tua yang masih berdiri kokoh dengan gaya arsitektur Eropa, seperti Gedung City Hall Aston Hotel, Stasiun Besar Medan, Masjid Raya Al Mahsun serta Istana Maimun.

Hingga kini, menurut Hj Nurhajizah, bangunan tersebut menjadi pengingat bagaimana perkembangan dunia arsitek di wilayah Sumatera Utara telah berkembang sejak dahulu.

"Saat ini Pemprov Sumatera Utara sedang giat mempromosikan kawasan wisata Danau Toba maupun kawasan lainnya. Untuk Danau Toba, kita sedang berupaya agar ‘Super Volcano Toba’ dapat menjadi Global Geopark UNESCO," ujarnya.

Dalam pembenahannya, pemerintah menggandeng para budayawan yang bisa menghadirkan nuansa etnik budaya lokal dalam cerminan bangunan di masing-masing geosite.

Seperti halnya monumen informasi geosite maupun gapura-gapura di sepanjang wilayah yang termasuk kawasan Danau Toba.

"Kami mengimbau kepada para arsitek dan pengembang kiranya dapat memadukan unsur etnik lokal dalam setiap kawasan yang akan dijadikan proyek pengembangan perumahan, khususnya yang berada di kawasan strategis wisata Danau Toba. Disamping tetap mengupayakan lahirnya kawasan perumahan yang asri serta ramah lingkungan," katanya.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar