Selasa, 21 November 2017

Gubernur Jatim terima laporan wilayah darurat kekeringan

Rabu, 13 September 2017 09:34

Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi
Ayo berbagi!

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku telah menerima laporan resmi dari enam bupati yang menyampaikan wilayahnya mengalami darurat kekeringan akibat musim kemarau tahun ini.

"Kepada enam daerah yang mengalami kekeringan akan segera dikirim air bersih untuk membantu masyarakat setempat," ujar Gubernur kepada wartawan di Surabaya, Rabu (13/9).

Dari enam kabupaten yang sudah melaporkan darurat kekeringan, lima di antaranya yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, serta Kabupaten Probolinggo.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengimbau kepala daerah lainnya yang wilayahnya terdampak kekeringan juga melaporkannya ke provinsi sehingga bisa dilakukan pengiriman air bersih.

"Presiden Joko Widodo juga telah mengingatkan agar kepala daerah segera melakukan pengecekan wilayahnya terkait kekeringan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, berdasarkan data di Pemprov Jatim, dari 38 kabupaten/kota, sampai saat ini terdapat 422 desa di 27 kabupaten mengalami kekeringan, yang 183 desa di antaranya posisinya di atas pegunungan sehingga harus dilakukan pengiriman air ke dalam penampungan air.

"Karena lokasinya di atas maka rekayasa teknis seperti pembuatan sumur bor, pipanisasi tidak dapat dilakukan. Sedangkan, sisanya masih bisa dilakukan rekayasa teknis," katanya.

Menurut dia, apabila tidak segera diberikan bantuan maka menjadi hal krusial, khususnya di daerah pantai selatan dan Madura.

Sementara itu, berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, dari 8.501 jumlah desa di Jatim, pada 2015 terdapat 541 desa mengalami kekeringan.

Dari jumlah desa kering tersebut telah dilakukan rekayasa teknologi bagi 119 desa sehingga tahun-tahun berikutnya membantu mengantisipasi kekeringan.

"Pada 2017 kekeringan hanya terjadi pada 422 desa, bahkan 2016 tidak terjadi kekeringan di Jatim," kata mantan Sekdaprov Jatim tersebut. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar