Rabu, 27 September 2017

Kantong Plastik Sekali Pakai Akan Dilarang di Australia Barat

Rabu, 13 September 2017 12:54

(Courtesy: AustraliaPlus) Di bawah larangan terbaru, para pembeli tak lagi diberi kantong plastik sekali pakai di toko-toko Australia Barat. (Courtesy: AustraliaPlus) Di bawah larangan terbaru, para pembeli tak lagi diberi kantong plastik sekali pakai di toko-toko Australia Barat.
Ayo berbagi!

Para peritel Australia Barat akan dilarang untuk memberi pembeli tas plastik sekali pakai mulai bulan Juli mendatang. Negara bagian itu menjadi yurisdiksi Australia terbaru yang mengumumkan larangan tersebut.

Di bawah perubahan yang diumumkan oleh Pemerintahan McGowan itu, para pembeli di Australia Barat akan diminta membawa tas mereka sendiri atau dipaksa untuk membeli kantong yang bisa digunakan kembali dari sejumlah toko.

Menteri Lingkungan Hidup Australia Barat, Stephen Dawson, mengatakan bahwa pengumuman tersebut mendapat dukungan dari para peritel besar, dan yakin bahwa penolakan dari pembeli dan toko kecil akan sangat minim.

"Kami akan berbicara dengan industri selama beberapa bulan ke depan mengenai skema kami," kata Dawson.

"Kini, ada dukungan publik untuk hal itu, jadi kami ingin memberi kepercayaan kepada masyarakat bahwa kami memberlakukan sebuah pelarangan di negara bagian ini."

Menteri Utama Australia Barat, Mark McGowan, mengumumkan larangan tersebut dalam kunjungannya ke Sekolah Dasar Kewdale.
Menteri Utama Australia Barat, Mark McGowan, mengumumkan larangan tersebut dalam kunjungannya ke Sekolah Dasar Kewdale.

ABC News: Jacob Kagi

Baca juga:

Limbah Manusia Dimanfaatkan untuk Pupuk Pertanian di Australia

Menteri Utama Australia Barat, Mark McGowan, mengatakan, distribusi kantong plastik sekali pakai di toko-toko memiliki dampak lingkungan yang merusak.

"Plastik bisa berserakan di mana-mana. Ia bisa terbawa ke sungai, lahan basah dan lautan kita dan ini akan membunuh kehidupan laut," kata McGowan.

"Kami pikir sekarang sudah saatnya."

Skip Facebook

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

FACEBOOK: Penggunaan Kantong Plastik

Australia Selatan, Tasmania, Wilayah Utara Australia dan Wilayah Ibukota Australia sudah memberlakukan larangan kantong plastik, sementara Queensland juga bergerak untuk menerapkannya.

Di Australia Barat sendiri, sebelumnya Kota Fremantle telah memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di dalam area pemerintahan lokal namun skema tersebut ditolak di Parlemen Negara Bagian.

Kota Perth juga memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik awal tahun ini.

Larangan di seluruh negara bagian Australia Barat, secara teori, juga bisa ditolak di Majelis Tinggi Parlemen Negara Bagian, namun Dawson mengatakan bahwa ia yakin hal itu tidak akan terjadi.

Pada bulan Juli, raksasa supermarket Australia, Coles dan Woolworths, mengumumkan rencana mereka untuk meninggalkan kantong plastik selama 12 bulan ke depan.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 18:45 WIB 12/09/2017 oleh Nurina Savitri.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar