Senin, 20 November 2017

KAMMI Kudus gelar aksi penggalangan dana untuk Rohingya

Rabu, 13 September 2017 15:05

Foto: Sutini Foto: Sutini
Ayo berbagi!

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) cabang Kudus, Jawa Tengah menggelar aksi penggalangan dana untuk muslim Rohingya, Myanmar yang berlangsung di sejumlah titik strategis di Kota Kudus salah satunya dikawasan Alun-alun Simpang Tujuh.

Dalam aksinya para mahasiswa ini menyampaikan orasi terkait kondisi warga Rohingya di Rakhine State, sedangkan mahasiswa lainnya melakukan penggalangan dana yang akan disumbangkan ke warga Rohingya melalui lembaga yang ditunjuk pemerintah.

Koordinator Aksi, Khoilur Rahman kepada Kontributor Elshinta, Sutini, Rabu (13/9) menjelaskan, aksi yang mereka lalukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Rohingya yang sedang mengalami tragedi kemanusiaan, sehingga mereka membutuhkan uluran tangan dari negara Indonesia yang merupakan bangsa dengan penduduk muslim terbesar di dunia. 

"Kami prihatin dengan kondisi orang-orang yang teraniaya di negerinya sendiri, seperti yang dialami warga sipil Rohingya," ujarnya.

Tindakan kekerasan merupakan salah satu bentuk kejahatan atas kemanusiaan yang jelas-jelas telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Sebagai bentuk solidaritas, KAMMI cabang Kudus menyampaikan sejumlah tuntutan sebagai pernyataan sikap, yakni menolak keras tragedi kemanusian etnis Rohingya yang dilakukan oleh junta militer Myanmar, menuntut Pemerintah Myanmar untuk mengakui kewarganegaraan etnis Rohingya dan menghentikan segala bentuk diskriminasi terhadap etnis Rohingnya.

Serta mendesak Pemerintahan Indonesia untuk berperan aktif membantu penyelesaian tragedi kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya di Myanmar melalui forum ASEAN.

Sementara itu, penggalangan dana yang dilakukan para mahasiswa tersebut dilakukan disejumlah titik di Kota Kudus, selain dikawasan Alun-alun Simpang Tujuh juga dilakukan di Simpang Jember dan kawasan Tugu Identitas. Para Pengguna jalan terlihat banyak berhenti untuk ikut memberikan sumbangan, dan aksi berjalan lancar yang dikawal ketat aparat kepolisian.

Penuls: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar