Senin, 20 November 2017

Posting ujaran kebencian, PDIP polisikan pemilik akun FB Bambang

Rabu, 13 September 2017 18:44

Foto: Deni Suryanti Foto: Deni Suryanti
Ayo berbagi!

Sejumlah pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sukoharjo, Jawa Tengah melaporkan sebuah akun facebook ke Mapolres setempat. Akun facebook tersebut atas nama Bambang Wahyudi, yang bersangkutan mengunggah tulisan yang dinilai mengandung unsur ujaran kebencian. 

Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Sukoharjo, Nurjayanto mengatakan, laporan ini berawal dari edaran partai kepada kader diseluruh wilayah untuk berpartisipasi dalam pendampingan pelaksanaan dana desa. Oleh akun facebook terlapor, edaran di bagikan ke grup facebook Sukoharjo Makmur pada 30 Agustus lalu, kemudian akun Bambang Wahyudi mengomentari isi edaran yang intinya pendampingan dana desa hanya untuk wadah pengangguran. 

Sebagai sarana pengkaderan koruptor dan orang luar PDIP tidak akan diterima dalam rekrutmen pendamping dana desa. 

"Memang benar ada edaran yang dimaksud dalam facebook terlapor," ujarnya kepada wartawan termasuk Kontributor Elshinta, Deni Suryanti, Rabu (13/9).

Menurut Nurjayanto, aduan ke polisi dilakukan setelah muncul desakan dari pengurus anak cabang (PAC) yang merasa dirugikan dengan unggahan terlapor. Barang bukti laporan berupa hasil capture akun facebook Bambang Wahyudi dan edaran partai untuk kader. Selain aduan lisan, pernyataan tertulis juga disampaikan kepada polisi. 

Pihaknya berharap pihak berwajib segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan klarifikasi kepada pelapor maupun terlapor. 

Sementara itu, Kepala Unit II Reskrim Polres Sukoharjo, Ipda Puryono menyatakan, akan menindaklanjuti aduan lima orang pengurus PDIP tersebut. Namun, dasarnya harus dipenuhi dengan membuat surat aduan resmi. Pelapor juga diminta mencermati akun facebook yang dilaporkan merupakan identitas asli atau tidak. 

"Klarifikasi baru akan dilakukan setelah laporan resmi diterima polisi, baik kepada pelapor maupun terlapor," terangnya.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar