Rabu, 20 September 2017

Tiongkok Minta Dukungan Berbagai Pihak dalam Upaya Mendorong Perundingan Masalah Nuklir Korut

Rabu, 13 September 2017 22:30

Ayo berbagi!

Setelah Dewan Keamanan PBB meluluskan Resolusi No.2375, berbagai pihak mengeluarkan seruan untuk menyelesaikan masalah Semenanjung Korea melalui jalur politik dan diplomatik.

Baru-baru ini, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Perancis Emmanuel Macron, dan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam komunikasi melalui telepon juga mengusulkan penyelesaian masalah nuklir Korut secara tuntas dengan cara damai.

Terkait hal ini, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang dalam jumpa pers hari Selasa (12/09) mengatakan, Tiongkok telah mencatat pernyataan pihak terkait. Tiongkok selalu mengupayakan penyelesaian masalah nuklir Semenanjung Korea secara damai melalui dialog dan perundingan. Resolusi Dewan Keamanan PBB tersebut mengambil tindakan lebih lanjut terhadap rencana rudal nuklir Korut, selain mempertahankan sistem nonproliferasi nuklir internasional, juga menegaskan kembali pentingnya memelihara perdamaian dan kestabilan Semenanjung Korea dan Asia Timur Laut, menegaskan penyelesaian masalah secara damai melalui jalur diplomatik dan politik, mendukung dipulihkannya Perundingan Enam Pihak dan komitmen dalam "Pernyataan Bersama 19 September". Berbagai pihak hendaknya melaksanakan peraturan terkait resolusi Dewan Keamanan secara menyeluruh dan tuntas.

Geng Shuang menambahkan, dewasa ini situasi Semenanjung Korea sangat rumit, sensitif dan parah. Berbagai pihak hendaknya tetap berkepala dingin, terus berupaya menyelesaikan masalah secara damai dengan melalui dialog dan perundingan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar