Sabtu, 18 November 2017

AS larang produk Kaspersky untuk departemen dan agensi federal

Kamis, 14 September 2017 10:14

Kaspersky Lab (HO/Kaspersky Lab) Foto sumber Antara Kaspersky Lab (HO/Kaspersky Lab) Foto sumber Antara
Ayo berbagi!

Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (DHS) pada Rabu mengarahkan departemen dan agensi federal untuk menghapus produk-produk Kaspersky Lab dari sistem informasi mereka.

"Departemen tersebut risau dengan hubungan antara beberapa pejabat Kaspersky dan intelijen Rusia dan serta badan pemerintah lainnya, dan berdasarkan undang-undang Rusia hal itu memungkinkan badan intelijen Rusia untuk meminta atau memaksa bantuan dari Kaspersky dan mencegat komunikasi yang melintasi jaringan Rusia," kata DHS dalam sebuah pernyataan.

Kaspersky Lab merupakan perusahaan keamanan siber multinasional dan penyedia antivirus milik Rusia yang berkantor pusat di Moskow.

"Risikonya bahwa, pemerintah Rusia, apakah bertindak sendiri atau bekerjasama dengan Kaspersky, dapat memanfaatkan akses yang diberikan produk-produk Kaspersky untuk berkompromi terkait informasi federal dan sistem informasi yang secara langsung menyangkut keamanan nasional AS," sambung DHS.

Petunjuk Operasional Mengikat dari departemen tersebut mengeluarkan arahan "setelah mempertimbangkan dengan seksama informasi dan konsultasi dengan berbagai mitra," katanya.

Di bawah arahan tersebut, semua departemen dan agensi federal memiliki waktu 30 hari untuk mengidentifikasi produk-produk Kaspersky yang digunakan pada sistem informasi mereka, 60 hari untuk mengembangkan rencana terperinci untuk menghapusnya, dan kemudian mulai mengentikan penggunaannya dalam waktu 90 hari.

DHS mengatakan akan memberi kesempatan kepada Kaspersky untuk mengajukan tanggapan tertulis terkait masalah itu, demikian Xinhua. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar