Rabu, 27 September 2017

KLHK terima 5.596 Ha hutan untuk program perhutanan sosial

Kamis, 14 September 2017 17:07

Ayo berbagi!

Sekitar 5.596 Ha program perhutanan sosial di wilayah kesatuan pemangku hutan Purwakarta Jawa Barat telah digulirkan oleh pemerintah pusat dengan melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Demikian dikatakan Kepala Kesatuan Pemangku Hutan Purwakarta, Agus Mas'ud kepada Reporter Elshinta Tita Sopandy, Kamis (14/9).

Progam Perhutanan sosial menurut Agus diprioritaskan untuk untuk Masyarakat setempat yang tidak memiliki mata pencaharian tetapi tinggal dilingkungan hutan dan melibatkan Masyarakat untuk mengelola hutan.

Program tersebut legal dengan payung nya LHK no 83 tahun 2016 mengenai perhutanan sosial dan Permen LHK No 39 tahun 2017 perhutanan sosial diwilayah kerja Perum Perhutani.

Untuk Kesatuan Pemangku Hutan Purwakarta meliputi Purwakarta, Subang dan Karawang, sudah ada Perhutanan sosial dengan melelui P 38 th 2017 lokasinya di Teluk Jambe seluas 2.946 Ha dengan ditunjuk oleh kementrian LHK yaitu, Ponpes Al Bagdad dengan dananya APBN.

Untuk yang kedua ada perhutanan sosial P39 th 2017 izin pemanfaatan hutan perhutanan sosial 2.150 Ha merupakan Teluk Jambe 1 ada di BKPH Teluk Jambe, dengan pilot projek adanya di Karawang.

Sementara untuk Purwakarta sudah ada sekitar 500 Ha namun di th 2018.mendatang.

Dijelaskan Agus bahwa Perhutanan Sosial tersebut merupakan akses dan membuka akses kepada masyarakat untuk memanfaatkan hutan dan itu sudah ada sejak tahun 1972.

Jadi Program Perhutanan Sosial yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat itu bukan merupakan program baru karena 45 tahun sebelumnya sudah ada.

Perlu diketahui oleh Mayarakat bahwa Program perhutanan Sosial itu bukan berarti bagi bagi lahan.

Penulis: Devi Novitasari

Editor: Sigit Kurniawan

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar