Senin, 20 November 2017

Basarnas cari korban tabrakan kapal di Batam

Kamis, 14 September 2017 14:24

Ilustrasi. Ilustrasi.
Ayo berbagi!

Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang, Kepulauan Riau menggeser pencarian korban tabrakan Kapal JBB De Rong 19 dari Selat Singapura ke timur perairan Batam.

"Saat ini pihaknya fokus mencari tiga anak buah kapal keruk JBB De Rong 19 di perairan timur Batam," kata Kepala Basarnas Tanjungpinang, Djunaidi, di Tanjungpinang, Kamis (14/9).

Ia mengatakan jumlah korban dalam peristiwa tabrakan tanker MV Kartika Segara berbendera Indonesia dengan Kapal Keruk JBB DE Rong 19 berbendera Dominican Republic di Selat Singapura pada Rabu dinihari (13/9) sebanyak 12 orang, tujuh diantaranya berhasil menyelamatkan diri.

Sedangkan dua korban lainnya ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa oleh petugas beberapa jam yang lalu.

Sementara tiga korban lainnya belum ditemukan sampai sekarang. Setelah mempelajari arus laut, Basarnas memutuskan mencari korban di sekitar timur perairan Batam.

"Marine Port Autoriti (MPA) Singapura, Basarnas diminta untuk menyisir perbatasan antara Singapura dengan Batam, Indonesia," ujarnya.

Sementara berdasarkan informasi yang diterima Basarnas Tanjungpinang selaku SAR Mision Cordinator (SMC), tiga korban masih berada di dalam kapal yang terbalik itu.

Sementara Kapal JBB De Rong 19 saat ini ditarik SAR Singapura ke perairan dangkal Pulau Senang, berjarak 3 mil dari Singapura.

"Kami masih memprediksi tiga korban masih di dalam kapal. Kapal itu sekarang dalam posisi terbalik," ucapnya.

Basarnas Tanjungpinang menyisir wilayah perbatasan antara Batam-Singapura sejak sehari yang lalu. Penyisiran menggunakan kapal cepat Rigit Inperial Boat (RIB) Pos SAR Batam. Dengan menggunakan RIB SAR Pos Batam, petugas menelusuri Pulau Tolom, depan Pulau Senang, Pulau Pemping, Pulau Belakang Padang, Pulau Sebarok, dengan jarak 7 Mil dari pelabuhan Sekupang, Batam.

"Pada pencarian hari kedua ini, kami mengerahkan 25 personel, terdiri atas 12 anak buah kapal, 'rescuere' lima pendukung Pos Batam 5 dan tiga penyelam. Kami dalam kondisi siap," katanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar