Sabtu, 18 November 2017

Bengkulu siap hapus praktik pungli perizinan

Kamis, 14 September 2017 14:45

Ilustrasi. Ilustrasi.
Ayo berbagi!

Pemerintah Kota Bengkulu menyatakan siap menghapus dan mencegah potensi praktik pungutan liar di setiap proses perizinan dari masyarakat pemohon.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu Toni Harisman di Bengkulu, Kamis (14/9), menyebutkan untuk mewujudkannya, seluruh perizinan akan diproses melalui aplikasi e-Perizinan.

"Insya Allah akan berjalan efektif pada 2018, sekarang masih proses merampungkan aplikasinya, dengan e-Perizinan maka potensi pungli akan tertutup," kata dia.

Baru-baru ini, DPMPTSP telah meluncurkan dan sosialisasi terkait perizinan daring itu. Setiap OPD, camat, lurah maupun pelaku usaha di Kota Bengkulu sudah mendapatkan sosialisasi perizinan elektronik itu.

Di Kota Bengkulu, DPMPTSP memiliki 124 pelayanan yakni sebanyak 99 berupa perizinan dan 25 lagi nonperizinan. Rencananya seluruh pelayanan tersebut sudah terintegrasi secara daring pada 2018.

"Aplikasi e-Perizinan terpadu ini bernama SIPP@DEK, memang masih banyak kekurangan atau kelemahan oleh karena itu kita minta masyarakat memberikan masukan," ucapnya.

Selain mencegah pungli, aplikasi itu tentunya akan akan meningkatkan kinerja pelayanan menjadi lebih efisien, mudah, sederhana dan utamanya transparan.

"Masyarakat tidak perlu lagi repot antre, tidak harus meluangkan waktu khusus hanya untuk mengurus perizinan saja dan yang paling penting biayanya pasti tanpa tambahan yang di luar ketentuan," ujarnya.

Dengan berbagai kemudahan di sektor perizinan diharapkan mendorong berbagai macam usaha dan investasi tumbuh positif di Kota Bengkulu. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar