Senin, 20 November 2017

LPSK: Peran jurnalis sangat penting dalam lindungi saksi dan korban

Kamis, 14 September 2017 19:07

Ayo berbagi!

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memandang penting peran jurnalis dalam mendukung upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak saksi serta korban.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (14/9) mengatakan sesuai peran yang diatur dalam Undang-Undang Pers, pekerja media memiliki peran yang vital dalam pengawasan segala bentuk kebijakan, termasuk dalam upaya penegakan hukum.

Selain itu, lanjut dia, jurnalis juga berperan dalam mengawasi pemenuhan hak asasi manusia (HAM) bagi masyarakat.

"LPSK memandang bahwa peran-peran tersebut dapat juga menjadi pendukung pemenuhan hak-hak saksi dan korban," ujar Semendawai.

Ia juga menilai bahwa pemberitaan yang memberikan dukungan atas pengungkapan kasus menyangkut saksi dan korban dapat efektif meningkatkan atensi, baik dari masyarakat maupun penegak hukum terhadap proses hukum, sehingga suatu kasus pidana bisa diselesaikan dengan lebih baik.

"Ada kalanya pemberitaanlah yang membantu kasus-kasus yang menyangkut terlindung kami kemudian diproses, dan pemberitaan tersebut bukan mempersulit posisi saksi dan korban. Namun, justru bisa mendukung upaya mereka mendapatkan keadilan," ujar Semendawai.

Ia turut menampik kesan terkait adanya upaya LPSK menghalangi pekerja media dalam mencari berita, atau menutupi keberadaan saksi dan korban yang dilindungi.

Menurut dia, kesalahpahaman antara jurnalis dan petugas LPSK tersebut tentunya bisa terus terjadi, jika tidak ada upaya dari LPSK untuk menyampaikan tugas fungsi mereka ke para jurnalis.

"Untuk itu kami terus berupaya menjalin hubungan baik dengan para jurnalis, disamping kami juga sudah membuat MoU dengan Dewan Pers terkait pemberitaan terhadap saksi dan korban," kata Semendawai. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar