Senin, 20 November 2017

Kartu perpustakaan berlaku seumur hidup, warga serbu Arpusda Kudus

Kamis, 14 September 2017 21:36

Foto: Sutini. Foto: Sutini.
Ayo berbagi!

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus Jateng kewalahan memenuhi pengajuan pembuatan kartu anggota baru. Sebab setiap hari ada 50-100 pengajuan. Meningkatnya permintaan keanggotaan baru, karena adanya terobosan baru yang dilakukan oleh pihak Dinas Arpusda Kudus, yakni keanggotaan seumur hidup bagi warga Kudus.

Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Kudus Masyudi mengatakan dalam beberapa bulan ini permintaan menjadi anggota perpustakaan cukup tinggi, kartu keanggotaan baru yang dicetak bahkan sudah mencapai 2000 keping. Sehingga pihaknya kewalahan memenuhi antusiasme masyarakat terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. "Rata-rata perhari kami mencetak 50 hingga 100 kartu baru. Makanya kami sering kehabisan material kartu, terpaksa kami berikan surat keterangan keanggotaan sementara sampai ada material kartu", ujarnya.

Dikatakan Masyudi, pihaknya membuat terobosan baru agar supaya kunjungan meningkat, salah satunya dengan membuat gebrakan keanggotaan seumur hidup bagi warga kabupaten Kudus. Terobosan kali ini mampu mendongkrak tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah. "Pengunjung perpustakaan perbulan rata-rata mencapai 2000 orang. Makanya kami terus berbenah agar semakin banyak pengunjung", ungkap Masyudi di sela-sela melayani Kunjungan anak-anak TK yang datang untuk mengenal Perpustakaan seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Sutini. 

Ia menyayangkan belum ada ruang ataupun taman-taman baca yang representatif di Kudus yang dapat mendukung gerakan gemar membaca. "Kami baru merintis untuk membuat taman baca sehingga para pengunjung akan betah berkunjung kesini", paparnya.

Pihak Arpusda juga akan menambah koleksi buku untuk memenuhi ketersediaan buku-buku yang dicari masyarakat. "Kami tidak mempunyai Pustakawan, jadi terkadang penataan buku-buku kami kurang memadai", keluhnya.

Muh Ekodiyono pegawai Dinas Arpusda Kudus menjelaskan berdasarkan grafik kunjungan, minat masyarakat Kudus berkunjung mengalami peningkatan. Pihak Arpusda juga menerapkan pelayanan pada Sabtu buka sampai pukul 12.00 WIB. Demikian juga pada hari Minggu mengelar perpustakaan keliling di arena car free day. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar