Selasa, 26 September 2017

Dua sorti Hercules bantuan kemanusiaan hari ini tiba di Bangladesh

Jumat, 15 September 2017 06:17

Dokumentasi pengiriman bantuan kemanusian Rohingya - Prajurit TNI Angkatan Udara melakukan persiapan melanjutkan perjalanan membawa bantuan kemanusian untuk pengungsi Rohingya bantuan Pemerintah Indonesia dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 set Dokumentasi pengiriman bantuan kemanusian Rohingya - Prajurit TNI Angkatan Udara melakukan persiapan melanjutkan perjalanan membawa bantuan kemanusian untuk pengungsi Rohingya bantuan Pemerintah Indonesia dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 set
Ayo berbagi!

Dua unit pesawat C130 Hercules TNI AU yang mengangkut bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya direncanakan tiba pada Jumat (14/9) hari ini, sebagai sorti kedua dan ketiga pengiriman bantuan ke Bangladesh.

"Menurut info Bu Dubes RI untuk Bangladesh, rencananya besok (Jumat) dengan waktu yang sama," kata Komandan Satgas Civic Mission TNI AU Marsma Nanang Santoso, ditemui di Bandara Hazrat Shah Amanat, Chittagong pada Kamis petang.

Marsma Nanang Santoso menyatakan, TNI AU akan terus menjalankan misi pengiriman bantuan kemanusiaan hingga operasi bantuan tuntas.

Hal itu dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kedutaan Besar RI di Dhakka dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kita akan laksanakan ini sampai tuntas sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia," tegas Nanang.

Sebanyak dua Hercules TNI AU yang terus bersiap menunggu izin lintas penerbangan di Lanud Sultan Iskandar Muda bernomor registrasi A1319 dan A1335. Masing-masing mengangkut bahan pangan beras serta family kit dan perlengkapan logistik darurat.

Sementara itu, dua sorti penerbangan C130 Hercules TNI AU yaitu A1316 dan A 1326 yang mengirim bantuan kemanusiaan telah mendarat di Bandara Hazrat Shah Amanat, Chittagong berurutan pada pukul 17.00 dan 19.00 waktu Bangladesh.

Penerbangan sorti pertama mengirim tenda dan selimut kemudian sorti kedua membawa beras dan gula pasir.

"Ini merupakan tahap pertama untuk pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan rakyat Indonesia, masih ada tahap-tahap berikutnya," kata Nanang.

Bantuan telah diserahkan oleh Dubes RI untuk Bangladesh Rina Soemarno dan diterima oleh District Comissioner Chittagong atau pejabat setingkat gubernur, Md Zillur Rahman Chowdhury selaku perwakilan pemerintah Bangladesh.

Bantuan tersebut akan disalurkan oleh pemerintah Bangladesh kepada organisasi kemanusiaan yang mengkoordinasikan penyaluran bantuan bagi pengungsi Rohingya. (Ant) 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar