Senin, 20 November 2017

10 Kunci Sukses yang Tertanam dalam Jiwa Pebisnis

Jumat, 15 September 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/10-kunci-sukses-yang-tertanam-dalam-jiwa-pebisnis courtesy https://www.cermati.com/artikel/10-kunci-sukses-yang-tertanam-dalam-jiwa-pebisnis
Ayo berbagi!

Menjadi pebisnis bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki mental yang pantang menyerah, seorang pebisnis juga harus mempunyai pemikiran yang berbeda dari kebanyakan orang. Pola pikir yang dimiliki pebisnis adalah pola pikir yang membuat kita terkadang berpikir dua kali untuk menjadi pebisnis. Butuh tekad bulat dan motivasi tinggi untuk menjadi pebisnis.

Pebisnis Bukan Profesi Biasa

Bisa dikatakan profesi sebagai seorang pebisnis bukanlah profesi yang sembarangan. Profesi ini penuh dengan tantangan dan risiko. Bagaimana tidak? Profesi sebagai seorang pebisnis akan selalu bertemu dengan keberuntungan dan kegagalan. Mental yang harus dimilki seorang pebisnis tidak lain adalah hasil dari pola pikir yang sudah tertanam di benaknya.

Pola pikir yang berbeda dengan kebanyakan orang yang mencari kenyamanan dan keamanan dalam hidup. Jangan mencoba untuk menjadi seorang pebisnis jika belum memiliki pola pikir sebagai pebisnis. Berikut ini adalah sepuluh kunci sukses yang membentuk pola pikir pebisnis.

Baca Juga: 20 Bisnis Menjanjikan yang Cocok Dijalankan Mahasiswa

1. Siap Menghadapi Kondisi Keuangan yang Tidak Menentu

Kondisi Keuangan
Jangan Harapkan Keuangan Stabil pada Awal Jadi Pebisnis

Untuk menjadi seorang pebisnis, bersiaplah menghadapi perputaran uang yang tidak menentu. Kalau Anda adalah seorang karyawan, Anda akan mendapatkan uang sesuai dengan kontrak perjanjian dengan perusahaan. Serta menerima uang lembur apabila melewati jam kerja. Berbeda dengan pebisnis, mereka harus siap menghadapi kondisi keuangan yang tidak menentu. Betapa tidak, seorang pebisnis akan mendapatkan penghasilan dari keberhasilan bisnisnya dan bukan dari hasil gaji.

2. Bertanggungjawab Atas Keputusan yang Diambil

Tanggung Jawab Perusahaan
Berani Memutuskan, Berani Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab atas keputusan yang selalu diambilnya adalah pola pikir seorang pebisnis. Apabila salah memilih langkah, seorang pebisnis sendiri yang akan menerima akibatnya. Seandainya mengambil keputusan dengan tepat, pebisnis akan menikmati hasil dari keberhasilannya.

3. Berwawasan Luas

Wawasan Luas
Pengetahuan Adalah Kunci

Seorang pebisnis mempunyai wawasan yang luas. Seorang pebisnis harus mampu melihat peluang dan celah di depannya. Kemampuan seperti ini dapat dimiliki seorang pebisnis apabila ia mempunyai wawasan yang luas. Dengan wawasan yang luas, seorang pebisnis akan mampu membawa arah dan dengan cepat memutuskan langkah bisnisnya untuk mengembangkan bisnisnya.

4. Menganalisis Setiap Kejadian

Analisis Data
Lakukan Analisis Sebelum Bertindak

Seorang pebisnis akan mampu menganalisis peluang dan ancaman yang biasa terjadi. Pola pikir seperti ini harus dimiliki seorang pebisnis agar bisnisnya dapat terhindar dari kesulitan atau bahkan dengan analisisnya terhadap sebuah peluang akan membuat usaha yang dimilikinya menciptakan peluang nantinya.

5. Memiliki Misi dan Visi yang Jelas

Visi dan Misi
Visi dan Misi Menjadi Navigator Mencapai Tujuan

Berbeda dengan pekerja yang juga mempunyai visi dan misi. Pekerja akan cenderung memiliki visi dan misi yang berhubungan dengan seputar lingkup keluarga kecilnya. Membina dan membangun sistem keuangan keluarga yang baik. Berbeda dengan pebisnis yang memiliki pola pikir berbeda, seorang pebisnis akan mempunyai visi dan misi untuk mengembangkan bisnisnya dalam jangka waktu dekat dan jangka panjang. Misi dan tujuan yang sangat kompleks. Tidak hanya keluarga, tetapi juga perkembangan industri atau bisnis yang digelutinya.

6. Fleksibel dan Tidak Kaku

Fleksibel
Sebagaimana Pegas, Pebisnis Harus Bisa Beradaptasi

Pola pikir yang selanjutnya adalah pola pikir yang fleksibel dan tidak kaku. Seorang pebisnis mampu mengikuti perkembangan zaman. Pebisnis akan dengan mudah beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Menyesuaikan dengan tuntutan yang berkembang dan segera menyesuaikan langkah bisnis ke depannya.

7. Pantang Menyerah

Pantang Menyerah
Habis Tertebang, Tumbuhlah Hijau Tunas. Begitu Juga Jiwa Pebisnis

Mental yang satu ini adalah mental yang terbentuk dari pola pikir seorang pebisnis. Tidak ada kata menyerah bagi seorang pebisnis untuk memulai suatu usaha atau untuk menjalankan bisnisnya. Mereka akan cenderung tetap berusaha walaupun berkali-kali bertemu dengan kegagalan.

Kegagalan akan dijadikan pelajaran dan ilmu bagi seorang pebisnis. Optimis dan selalu berpikiran positif terhadap berbagai persoalan. Pola pikir pebisnis yang satu ini merupakan pola pikir yang sulit untuk dimiliki. Banyak orang enggan memulai bisnis karena takut akan kegagalan. Apalagi sampai enggan bangkit dari sebuah kegagalan.

Baca Juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

Jadi Pebisnis Sama dengan Menjadi Pemenang

Kalau boleh dianologikan, bisnis ibarat sebuah perlombaan. Para pebisnis harus berlomba dan berjuang mati-matian untuk dapat memenangkan perlombaan tersebut. Pebisnis adalah orang yang selalu berorientasi untuk menjadi pemenang dan selalu berpikir untuk memenangkan pertandingan dengan cara yang benar. Jika Anda memilih menjadi pebisnis, berusahalah untuk menang. Sebab jadi pebisnis sama dengan menjadi pemenang.

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar