Sabtu, 25 November 2017

Inilah Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Sabtu, 16 September 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/inilah-pentingnya-punya-perencanaan-keuangan courtesy https://www.cermati.com/artikel/inilah-pentingnya-punya-perencanaan-keuangan
Ayo berbagi!

Mungkin ini akan menjadi hal yang masih terbilang jarang dilakukan sebagian orang. Mengingat pengetahuan banyak orang tentang keuangan masih jauh dari kata cukup.

Hanya sebagian kecil saja masyarakat Indonesia yang memiliki pengatahuan yang baik soal keuangan meskipun pada dasarnya hal ini sangat penting dan bahkan akan memengaruhi kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Sebagian besar dari kita sering kali mengabaikan masalah perencanaan keuangan dalam hidup hingga tak jarang pendapatan hanya singgah dan menumpang lewat saja di rekening. Lalu, sampai kapan hal seperti ini akan selalu terjadi?

Ketika kita menghasilkan sejumlah uang atau memperoleh pendapatan, kita sepatutnya memang harus paham benar ke mana saja setiap sen uang akan ditempatkan.

Barangkali sebagian uang tersebut akan tersimpan dalam tabungan, lalu beberapa persen untuk membayar berbagai tagihan, atau digunakan untuk belanja bulanan, bahkan menguap tanpa kita sadari untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting.

Apa pun dan ke mana pun tujuan penempatan uang maka hal ini seharusnya telah disesuaikan dan diperhitungkan dalam sebuah perencanaan keuangan sehingga berbagai tujuan keuangan dapat tercapai degan baik pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Tujuan Keuangan: Bagaimana Cara Menyusunnya?

Perencanaan Keuangan Membantu Mencapai Tujuan Keuangan

Tujuan Keuangan
Wujudkan Tujuan Keuangan dengan Perencanaan Keuangan

Sebuah perencanaan keuangan tentu saja tidak akan bisa dipisahkan dari tujuan keuangan. Apa pun yang menjadi tujuan keuangan, inilah yang akan menjadi “arah” perencanaan keuangan yang dilakukan.

Meskipun sederhana, setiap orang memang harus memiliki tujuan keuangan dalam hidupnya, baik tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

Tujuan keuangan ini dapat menjadi motivasi yang besar dalam menciptakan kondisi keuangan yang sehat. Hal ini juga akan membantu untuk bisa mengamankan keuangan pada masa yang akan datang.

Begitu penting peran tujuan keuangan sehingga penting sekali untuk selalu memastikan bahwa tujuan keuangan tersebut efektif dan berjalan dengan baik.

Jika rencana keuangan yang dibuat bisa berjalan dengan baik dan efektif, secara otomatis tujuan keuangan juga akan tercapai sebagaimana yang diharapkan. Kedua hal ini saling berhubungan di mana satu dengan yang lainnya akan saling mendukung sehingga kondisi keuangan bisa stabil dan kokoh.

Terkait dengan penyusunan rencana keuangan, ada baiknya meminta bantuan dari ahli perencana keuangan (financial planner) profesional. Dari ahlinyalah, Anda bisa mendapatkan solusi dan langkah-langkah yang tepat untuk bisa mencapai tujuan keuangan pada masa yang akan datang.

Bukan hanya itu saja, seorang perencana keuangan juga dapat membantu dalam mengatasi berbagai kendala dan hambatan yang mungkin akan terjadi di tengah jalan nanti sehingga rencana keuangan bisa benar-benar tercapai sesuai dengan tujuan awal.

Perencanaan Keuangan Membantu Siapa Pun Lepas dari Krisis

Krisis Keuangan
Antisipasi Krisis dengan Perencanaan Keuangan

Bukan hanya penting, perencanaan keuangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan siapa pun. Tidak hanya bagi mereka yang bekerja di lini keuangan saja atau mereka yang bekerja sebagai karyawan kantoran. Tetapi hal ini akan dibutuhkan setiap orang yang ingin punya kepastian akan masa depannya dan menginginkan kondisi keuangan yang tahan krisis.

Jangan sampai bekerja dan bekerja saja tanpa mengetahui ke mana perginya pendapatan yang diperoleh dengan susah payah. Semua orang tentu memiliki kebutuhan hidup dan memenuhinya dengan sejumlah pendapatan yang diperoleh. Namun, cuma sebagian kecil saja yang menyadari bahwa pendapatan yang dimiliki harus dikelola dengan baik sejak dini.

Ketika mengelola keuangan dengan baik sejak awal, Anda memiliki kesempatan yang besar untuk mengamankan keuangan pada masa yang akan datang. Dengan membuat perencanaan keuangan yang apik, hal ini akan terwujud di mana kendala dan hambatan yang mungkin akan terjadi dalam keuangan dapat diantisipasi dengan baik sejak awal.

Baca Juga: 3 Langkah Merancang Peta Keuangan Pribadi

Perencanaan Keuangan Berhasil Jika Melakukan Evaluasi secara Berkala

Evaluasi Keuangan
Lakukan Evaluasi Terhadap Rencana Keuangan Secara Berkala

Meski telah memiliki tujuan keuangan dan perencanaan keuangan, bukan berarti Anda sudah terbebas dari masalah keuangan pada masa yang akan datang. Penting untuk memastikan bahwa perencanaan keuangan dapat berjalan dengan baik. Jika tidak, tujuan keuangan tentu tidak akan tercapai pada masa yang akan datang.

Jangan sampai rencana hanya tinggal rencana tanpa sebuah realisasi yang baik pada masa yang akan datang. Hal seperti ini akan menjadi masalah, bahkan meski rencana tersebut berjalan tidak sesuai dengan jadwal/waktu yang ditentukan.

Untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam perencanaan keuangan, wajib bagi kita untuk selalu melakukan evaluasi secara berkala. Kegiatan ini akan mengontrol rencana keuangan dengan ketat di mana Anda bisa melihat pencapaian dan berbagai masalah yang terjadi dalam keuangan secara keseluruhan.

Anda bisa mengenali setiap masalah yang muncul dan mulai mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut segera sehingga tujuan keuangan tetap bisa tercapai.

Tidak masalah jika ternyata Anda bisa mengatasi berbagai hambatan yang terjadi dalam rencana keuangan tersebut dengan baik. Tapi, jika tidak, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan.

Hal ini mungkin bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi perencana keuangan (financial planner) dan mengonsultasikan masalah tersebut secara langsung kepada mereka sehingga Anda bisa terbantu dan tetap dapat mencapai tujuan keuangan sesuai dengan rencana keuangan.

Amankan Keuangan dengan Perencanaan Keuangan yang Tepat

Kemampuan dalam mengelola keuangan akan sangat memengaruhi kualitas kehidupan. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki sebuah rencana keuangan yang tepat dan bisa membantu kita mengamankan keuangan pada masa yang akan datang.

Buat tujuan keuangan dan rencana keuangan yang baik sejak awal. Jalankan dengan disiplin dan kontrol yang baik sehingga lebih mudah dalam mengelola keuangan pribadi.

Baca Juga: Perencana Keuangan : Manfaat Dan Bagaimana Cara Memilihnya

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar