Senin, 20 November 2017

Ini Dia Tips Menghemat Biaya untuk Acara Baby Shower

Minggu, 17 September 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-dia-tips-menghemat-biaya-untuk-acara-baby-shower courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-dia-tips-menghemat-biaya-untuk-acara-baby-shower
Ayo berbagi!

Ada banyak kebahagiaan yang akan dirasakan seorang wanita yang sedang mengandung, bahkan meski kelahiran si kecil masih terbilang lama. Kehadiran seorang bayi memang selalu membawa banyak kebahagiaan, sehingga tak mengherankan jika kebanyakan ibu hamil ingin membagikan kebahagiaan ini bersama dengan orang-orang terdekatnya.

Berkumpul dengan teman, sahabat dan juga keluarga adalah hal yang kerap dijadikan sebagai pilihan. Selain acara tujuh bulanan yang begitu lekat dengan masyarakat Indonesia, baby shower menjadi acara yang banyak dilakukan oleh ibu hamil.

Belakangan ini, acara baby shower memang lebih banyak dilakukan oleh ibu hamil yang ingin merayakan momen bahagia kehamilannya dengan para sahabat. Baby shower menjadi begitu populer dan banyak dipilih, sebab konsep acara yang satu ini memang simpel dan bahkan fleksibel. Hal ini tentu akan memudahkan ibu hamil yang ingin mengadakannya, bahkan meski harus mengatur segala sesuatunya sendiri saja.

Lalu, berapa sebenarnya besaran biaya yang dibutuhkan untuk mengadakan sebuah acara baby shower ini?

 

Hitung dan Buat Anggaran Biaya yang Tepat

Besaran biaya untuk sebuah baby shower tentu akan sangat tergantung pada konsep acara serta jumlah tamu yang akan diundang. Semakin banyak jumlah undangan, tentu biaya yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Untuk konsep acara, ibu hamil bisa saja menggunakan konsep yang terbilang mudah dan tidak begitu merepotkan serta membutuhkan berbagai perlengkapan yang bisa saja memakan biaya yang cukup besar.

Simak beberapa poin penting berikut ini, yang bisa digunakan untuk menghemat biaya baby shower:

1. Pemilihan Tempat

ilustrasi baby shower di rumah
Ilustrasi Baby Shower di Rumah

Daripada mengadakan acara baby shower di tempat lain (restoran atau gedung) yang membutuhkan biaya sewa yang cukup besar, mengadakan acara ini di rumah saja tentu bisa dijadikan sebagai pilihan. Selain berhemat, hal ini juga akan membuat suasana menjadi lebih hangat. Ibu hamil juga akan merasa lebih nyaman, sebab berada di rumahnya sendiri.

Jika mengadakan acara baby shower di rumah, maka ibu hamil dapat menghemat sekitar 25% biayanya, sebab biaya sewa tempat ini rata-rata akan menghabiskan sekitar 25% dari total anggaran. Meski mengadakan baby shower di rumah, acara ini tetap bisa berjalan dengan sukses jika didukung dengan konsep dan dekorasi yang tepat. Acara ini bisa diadakan di halaman atau taman, sehingga berkesan lebih santai dan nyaman.

Baca Juga: Hitungan Biaya Penting Dari Masa Kehamilan Sampai Pasca Melahirkan

2. Undangan Tanpa Kartu

memanfaatkan sosial media untuk mengundang para sahabat
Memanfaatkan Sosial Media untuk Mengundang para Sahabat

Biaya untuk mengirimkan undangan di acara baby shower ini juga bisa dihemat atau bahkan ditiadakan dengan memanfaatkan sosial media. Cukup hubungi teman dan sahabat melalui pesan di sosial media, email, messenger  atau bahkan dengan membuat undangan melalui grup di sosial media. Hal ini akan jauh lebih mudah dan hemat, daripada mencari undangan dalam bentuk kertas dan mengirimkannya satu persatu ke alamat teman dan para sahabat. Bukan hanya cepat dan simpel, undangan seperti ini juga akan membuat ibu hamil lebih memiliki banyak waktu untuk mengurus persiapan lainnya.

3. Makanan dan Minuman

makanan dan minuman untuk baby shower
Makanan dan Minuman untuk Baby Shower

Berbeda dengan acara lainnya yang membutuhkan beragam makanan berat, baby shower bisa dibuat lebih santai dengan berbagai sajian yang lebih ringan. Tidak perlu menyewa jasa katering untuk acara ini, sebab ibu hamil juga bisa menyiapkan berbagai makanan ini sendiri. Jika tidak memungkinkan, maka melibatkan anggota keluarga atau sahabat dekat bisa dijadikan pertimbangan.

Sediakan berbagai camilan sehat, kue-kue serta buah yang disukai oleh banyak orang. Siapkan juga minuman atau teh hangat untuk menemani berbagai panganan tersebut. Sajikan semuanya dalam wadah yang menarik, sehingga berbagai makanan dan minuman ini terlihat cantik dan menggoda selera.

Pilihlah makanan yang sedap dan tidak membosankan, agar para tamu merasa senang. Makanan menjadi salah satu poin penting di dalam sebuah acara, jadi akan sangat penting untuk menyiapkannnya dengan sangat baik. Alokasikan 45% anggaran untuk kebutuhan ini.

Baca Juga: Persiapan Melahirkan: Pilih Menabung atau Gunakan Asuransi?

4. Pernak-Pernik dan Dekorasi

pernak-pernik baby shower
Pernak-Pernik dan Dekorasi

Kedua hal ini menjadi poin penting yang akan mempengaruhi sukses atau tidaknya sebuah acara, jadi harus dipersiapkan dengan sematang mungkin. Pilihlah konsep yang simpel namun tetap menarik, sehingga acara baby shower ini akan berkesan bagi semua yang datang, terutama bagi ibu hamil yang akan menjadi tuan rumah di acara tersebut.

Alokasikan anggaran khusus sebesar 15% untuk hal ini, termasuk membeli beberapa jenis bunga yang akan membuat suasana menjadi lebih hangat dan menyenangkan. Gunakan pernak-pernik yang senada, agar keseluruhan dekorasi bisa “hidup” dan membuat suasana pesta menjadi lebih terasa.

5. Hiburan dan Permainan

hiburan dan permainan
Hiburan dan Permainan

Mengingat ini acara baby shower, maka berbagai hingar bingar pesta tentu tidak dibutuhkan di sini. Cukup pasang musik yang lembut dan sesuai dengan konsep acara, agar suasana menjadi hangat dan menyenangkan. Siapkan berbagai permainan yang tepat, sehingga acara menjadi lebih nyaman dan tidak membosankan. Untuk berbagai permainan ini, siapkan dana sebesar 10% dari anggaran yang telah disediakan.

6. Goodie Bag

goodie bags

Goodie Bag

Sebagai ungkapan terima kasih atas kehadiran para sahabat dan teman, tidak ada salahnya ibu hamil menyiapkan sebuah goodie bag untuk dibawa pulang. Alokasikan dana sebesar 10% untuk kebutuhan ini, sehingga goodie bag ini menjadi istimewa. Pilih camilan sehat atau kue kering yang enak sebagai isinya, dan jangan lupa untuk mengemasnya dengan cantik dan rapi.

Jika melihat poin di atas, maka besaran biaya baby shower bisa dihitung seperti di bawah ini:

  • Biaya tempat =  – (diadakan di rumah)
  • Biaya undangan =  – (undang melalui media sosial)
  • Biaya konsumsi =  45% dari total anggaran
  • Biaya dekorasi =  15% dari total anggaran
  • Biaya perlengkapan =  10% dari total anggaran
  • Biaya hiburan =  10% dari total anggaran
  • Biaya goodie bag =  10% dari total anggaran
  • Biaya tak terduga =  10% dari total anggaran

Susun Acara dan Anggaran dengan Tepat

Mengadakan baby shower tidak harus selalu dilakukan di luar rumah (restoran atau gedung), sebab acara ini juga bisa dibuat menarik dan berkesan, meski hanya diadakan di rumah saja. Susun acara dan anggaran baby shower dengan tepat, sehingga kelak acara baby shower tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Bagi Ibu Hamil

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar