Sabtu, 16 Desember 2017

Pencari kerja mengular di BUMN Career Opportunity

Jumat, 22 September 2017 19:42

IBDExpo 2017. Foto: Antara IBDExpo 2017. Foto: Antara
Ayo berbagi!

BUMN Career Opportunity (BCO) menjadi salah satu area favorit pengunjung Indonesia Business Expo (IBDExpo) 2017 yang digelar pada 20-23 September di Jakarta Convention Center.

Pada hari ketiga penyelenggaraan IBDExpo 2017, Jumat (22/9), antusias pengunjung baik mahasiswa dan pelajar untuk berkarir di BUMN sangat tinggi.

Sejak pagi sekitar pukul 10:00 WIB antrean pengujung untuk memasukkan lamaran pekerjaan sudah mengular, bahkan sempat mencapai hingga 100 meter.

Pada penyelenggaraan IBDExpo 2017 setidaknya 25 BUMN membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi, antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Wijaya Karya Tbk., PT Balai Pustaka, PT Kereta Api Indonesia, Bank Mandiri, Bank BTN, PT Angkasa Pura I, AirNav Indonesia, dan Perum Bulog.

Selanjutnya, PT Pembangunan Perumahan, PT Permodalan Nasional Madani, Bank BNI, PT Hotel Indonesia Natour, PT Asuransi Jasa Indonesia, Perum Produksi Film Negara (PFN), Perum Percetakan Negara RI, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Askrindo, PT Inka, PT Hutama Karya, Perum Perhutani, PT Jasa Marga, PT Sier-Pier, PT Kimia Farma, dan PT Dahana.

Manajer rekrutmen Bank BNI, Aldo mengatakan, sejak pagi booth yang ditempatinya sudah pada dikunjungi pelamar. 

"Kami menyediakan drop box untuk menampung surat lamaran. Setidaknya sampai dengan pukul 14:00 WIB, sudah lebih dari 1.000 surat yang drop box," ujarnya.

Bagi pelamar yang membawa berkas atau dokumen bisa langsung memasukkannya ke dalam "drop box", namun bagi tidak membawa berkas ijazah dan syarat-syarat lain diarahkan untuk melamar secara on-line.

"Pada ajang BCO ini, kami membuka lowongan kerja untuk posisi Officer Development Program (ODP). Namun bagi pengunjung yang ingin melamar pada posisi lainya, tetap dilayani," ujar Aldo.

Sementara itu PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero membuka lowongan kerja bagi pelamar dengan gelar S2, S1, D3 bahkan setingkat SMU/sederajat.

Manajer Rekruitmen Officer KAI, Iwan Darmawan mengatakan pada jenjang pendidikan S2 lowongan terbuka untuk tenaga "specialist coaching", S1 untuk tenaga dokter umum, D4/S1 untuk posisi administrasi. Lulusan jenjang D3 untuk posisi kondektur, komersial, teknis konstruksi, teknik jalan rel dan jembatan.

Selain itu terbuka juga peluang bekerja bagi lulusan SMU/sederajat untuk posisi petugas wesel dan langsir.

Salah seorang pencari kerja, Fely (22 tahun), lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro mengatakan berkarir di BUMN merupakan targetnya.

"Saya baru lulus April 2017. Saya memasukkan lamaran pekerjaan di 10 BUMN, kebetulan ada yang membutuhkan, semoga diterima," ujarnya.

Berbeda dengan Utami (24 tahun), lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengatakan, BUMN Carrier Opportunity ini masih jauh dari yang diharapkannya.

"Jumlah BUMN yang membuka lowongan masih terlalu sedikit. Dari 118 BUMN hanya 25 BUMN, perlu diperbanyak untuk memperluas kesempatan berkarier di perusahaan milik negara," kata Utami.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar