Rabu, 13 Desember 2017

10 Tempat Wisata Baru yang Wajib Masuk “List” Destinasi Favorit para Backpacker Traveller

Kamis, 05 Oktober 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/10-tempat-wisata-baru-yang-wajib-masuk-list-destinasi-favorit-para-backpacker-traveller courtesy https://www.cermati.com/artikel/10-tempat-wisata-baru-yang-wajib-masuk-list-destinasi-favorit-para-backpacker-traveller
Ayo berbagi!

Penghujung tahun 2017 hampir tiba. Kamu para traveller sudah minta cuti belum untuk liburan akhir tahun nanti? Sudah planning mau kemana? Libur akhir tahun itu cuman bisa dirasakan sekali dalam setahun, jadi pastikan liburan kamu nanti sempurna dan berkesan.

Tapi, jangan mau berlibur ke tempat yang  itu-itu saja. Sekali-sekali dong kamu harus coba pergi ke tempat baru. Selain menambah koleksi foto instagram, berani mengeksplor tempat baru juga akan menambah wawasan pengalaman dan keberanian kamu.

Kalau mau berlibur ke tempat yang sepi dan tenang, coba pergi ketempat yang tidak banyak orang tau, dan tentunya sesuai dengan budget kamu. Masih bingung mau kemana? Tenang saja, Cermati sudah mengumpulkan 10 destinasi baru buat para backpacker traveller yang tidak hanya indah dan jauh dari keramaian tapi juga ramah sama kantong para backpacker traveller.

Siap-siap nabung yah.

1. Isaan, Thailand

situs bersejarah di isaan thailand
Situs Bersejarah di Isaan, Thailand

Thailand memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata paling populer, terutama dikalangan para backpacker traveller. Selain karena murah, Thailand dikenal dengan keunikan budaya dan keindahan alamnya. Bangkok dan Phuket adalah tempat yang paling populer di Thailand dan tentunya paling ramai apalagi menjelang liburan akhir tahun, bisa-bisa kamu tidak bisa membedakan mana Bangkok mana Jakarta.

Tidak usah khawatir, masih ada kok tempat lain di Thailand yang sebenarnya tidak kalah “hits” dengan Bangkok dan Thailand. Isaan adalah salah satu daerah di Thailand yang tidak banyak para wisatawan tahu, bahkan Isaan belum termasuk dalam daftar rekomendasi tempat wisata populer di Thailand. Padahal, Isaan memiliki banyak “hot spot” yang bikin kamu tidak akan menyesal bila berkunjung kesini.

Salah satu tempat paling populer di Isaan adalah pegunungan artefak Loei dan Bronze Age di Situs Arkeologi Ban Chiang yang sudah terdaftar sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO dan taman nasional lainnya, cocok banget untuk para traveller yang hobi dengan sejarah.

isaan, surganya street food di thailand
Isaan, Surganya Street Food di Thailand

Daya tarik lainnya, Isaan juga disebut sebagai surganya “street food”. Kamu akan menemukan banyak sekali, makanan-makanan khas Thailand yang di inovasi menjadi makanan ringan yang dijamin bisa cocok ke lidah siapapun, apalagi jika kamu memang seorang pecinta kuliner.

ladang padi di isaan
Pemandangan Ladang Padi yang Hijau banyak Tersebar di Isaan, Thailand

Berbeda dengan pusat kota Thailand, Bangkok. Isaan masih memiliki pemandangan yang alami. Karena banyak warga Isaan yang berprofesi sebagai petani, kamu akan menemukan banyak ladang padi, perkebunan dan sungai-sungai yang indah, pas banget untuk cuci mata dan menghilangkan suntuk.

Bagaimana? Cukup menarik bukan?

2. Namibia, Afrika

Bangunan Gereja Bergaya Eropa di Namibia, Afrika
Bangunan Gereja Bergaya Eropa di Namibia, Afrika

Namibia adalah salah satu negara di bagian Barat Daya Afrika. Untuk kamu para pecinta alam dan suka dengan tempat wisata yang eksotis. Bisa dikatakan Namibia adalah negara di Afrika yang paling ramah dengan wisatawan dan kabar baik lainnya, negara ini tidak terlalu ramai karena belum terlalu populer.

Di Namibia kamu akan merasakan liburan dengan 2 sensasi berbeda karena keunikan negara ini yang masih banyak mengusung budaya Eropa atau lebih tepatnya Jerman untuk bangunan-bangunannya. Ini karena negara Namibia adalah daerah bekas jajahan para orang Eropa selama bertahun-tahun. Negara tropis rasa Eropa adalah sebutan umum untuk Namibia.

Taman Nasional Etosha untuk Wisata Alam Liar di Namibia
Taman Nasional Etosha untuk Wisata Alam Liar di Namibia

Walaupun begitu, tanpa kehilangan ciri khasnya sebagai negara bagian dari Afrika, Namibia tetap menawarkan banyak tempat wisata alam liar kepada para wisatawannya dan tentunya wisata alam gurun pasir. Tidak kalah dengan negara Afrika lainnya, Namibia juga memiliki banyak taman nasional yang bisa kamu kunjungi. Bukan ke Afrika namanya kalau tidak bersafari sambil lihat-lihat zebra.

Taman Alam Kalahari, Namibia Selatan
Pohon Quiver di Taman Alam Kalahari, Namibia Selatan via huffingtonpos.com

Satu lagi nih yang paling populer di Namibia, yaitu pohon quiver (Quiver Tree), karena keindahannya, pohon ini dijadikan simbol negara Namibia. Tidak sulit mencari keberadaan pohon ini, kamu cukup mengunjungi taman alam di selatan Namibia. Di taman alam ini juga bisa kemping loh. Jadi akhirnya kamu bisa merasakan sensasi tidur dengan pemandangan langit malam penuh bintang yang tentunya bikin mimpi makin indah.

 

3. Papua Nugini

Desa Nelayan di Papua Nugini
Desa Nelayan di Papua Nugini

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dong dengan negara ini? Karena letaknya yang berdekatan dengan Papua Irian Jaya, Papua Nugini juga memiliki keindahan alam yang sama indahnya. Memiliki banyak pulau yang masih sangat alami dan tidak berpenghuni, Papua Nugini  menjadikan pantai-pantai indahnya sebagai daya tarik utama untuk bisnis pariwisatanya.

Pulau Panasia, Papua Nugini
Pulau Panasia, Papua Nugini

Bisa dikatakan Papua Nugini adalah surganya para pecinta laut. Kondisi air lautnya yang masih sangat baik, karena belum tersentuh oleh banyak orang. Keindahan wisata dalam laut yang ditawarkan oleh Papua Nugini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Kamu yang hobi snorkeling dan diving, pasti akan sangat bersyukur memilih laut Papua Nugini jadi destinasi liburan akhir tahun ini.

Pesta Budaya di Goroka, Papua Nugini
Pesta Budaya di Goroka, Papua Nugini

Tidak hanya itu, sebagai negara yang masih sangat kental dengan kebudayaan tradisionalnya. Di Papua Nugini kamu jangan kaget jika banyak menemukan banyak acara kebudayaan atau upacara tradisional. Di setiap acara tradisional Papua Nugini kamu akan banyak disuguhkan kelihaian para masyarakat lokal dalam menari dan bernyanyi tarian dan lagu tradisionalnya.

Akan tetapi, untuk berlibur ke negara ini, sangat disarankan kamu menggunakan paket wisata sekaligus, ini karena isu keamanan dan tingkat kejahatan yang dinilai cukup tinggi di Papua Nugini, sehingga sangat berbahaya bagi para turis asing untuk berada di negara ini tanpa pengawasan. Tapi jangan khawatir, biasanya paket wisata khusus negara Papua Nugini ini  merekomendasikan tempat wisata yang memang aman dan ramah untuk para wisatawan asing.

4. Newfoundland, Canada

Taman Nasional Gros Morne.jpg
Laut di Taman Nasional Gros Morne via huffingtonpost.com

Bosan melihat laut yang pantainya isinya hanya pohon kelapa dan hamparan pasir yang luas? Kalau begitu, Newfoundland ini adalah solusi terbaik untuk itu. Di Newfoundland kamu akan banyak menemukan pantai-pantai yang dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang indah menjulang tinggi mengelilingi laut.

Salah Satu Gunung Es di Newfoundland, Canada
Salah Satu Gunung Es di Newfoundland, Canada

Air lautnya yang jernih dan tenang, bikin kamu betah berlama-lama di atas perahu sambil bersantai minum kopi. Tidak hanya itu, salah satu keunikan dari Newfoundland yang tidak bisa kamu temukan dimanapun adalah banyaknya jumlah gunung es di tengah laut Newfoundland. Kamu bisa menyewa perahu atau kayak, untuk bisa melihatnya dari dekat. Lihat juga ubur-ubur neonnya.

Keindahan Sungai di Newfoundland, Canada pada Saat Musim Semi
Keindahan Sungai di Newfoundland, Canada pada Saat Musim Semi

Dikelilingi pohon-pohon pinus pada sisi kanan dan kiri keindahan sungai Newfoundland juga tidak kalah. Kamu bisa menikmati keindahan ini dengan menyewa perahu atau ikut naik kapal khusus yang memang sudah disediakan khusus untuk para turis, lumayan buat menghemat pengeluaran.

Jika kesini pada akhir tahun ini, bisa dipastikan kamu akan menghadapi musim dingin. Jadi jangan lupa siapkan banyak jaket yang tebal dan pakaian hangat biar tidak kedinginan dan malah sakit selama liburan, sia-sia dong jadinya.

5. Danau Jayamix, Bogor

danau jayamix, Bogor
Danau Jayamix, Bogor via lapisbogor.co.id

Untuk yang malas pergi-pergi ke luar negeri, atau bahkan keluar kota? ada lagi nih tempat wisata baru di Bogor yang mungkin belum banyak orang tau. Danau ini terbentuk akibat kegiatan pertambangan batu dan pasir oleh masyarakat sekitar.

Terletak di Desa Tegal Lega, Ciguded, Kabupaten Bogor, danau ini juga dinamai Danau Rumpin oleh warga setempat. Jadi kalau mau tanya-tanya lokasi danau ini sama warga disana, jangan sebut Danau Jayamix yah, tapi Danau Rumpin.

Karena belum terlalu populer, untuk mencapai danau ini memang agak sulit. Minimnya akses yang layak menuju lokasi danau ini, berakibat masih belum tersedianya angkutan umum untuk mengantarkan para wisatawan ke danau ini. Jadi kamu harus siap-siap capek untuk bisa menikmati keindahan danau Jayamix ini. Tapi tenang saja, usaha kamu sama keindahan danau ini sebanding kok, jadi kamu pasti tidak akan menyesal. Jangan lupa selfie, biar bisa pamer di Instagram.

Baca Juga: 10 Tempat Anti-Mainstreem di Bali Yang Wajib Dikunjungi

6. Azerbaijan, Eropa Timur

Ibukota Azerbaijan, Baku
Ibukota Azerbaijan, Baku

Masih asing dengan nama ini? Azerbaijan adalah negara kecil yang terletak di antara Iraq dan Rusia. Wajar saja sih kalau kurang familiar, karena negara ini memang belum terlalu dikenal. Tapi tidak populer bukan berarti tidak asik untuk dijadikan tempat liburan.

Azerbaijan sebenarnya memiliki banyak tempat wisata yang unik dan populer. Dimulai dari tempat-tempat bersejarahnya sampai ke wisata alamnya. Di Azerbaijan, kamu akan menemukan banyak bangunan bersejarah bergaya Eropa.

Tempat yang populer di Azerbaijan adalah ibukotanya sendiri, Baku. Sebutan lain untuk Baku adalah Kota Tua “Old City”, itu karena Baku memiliki banyak gedung bersejarah yang langka dan kuno. UNESCO akhirnya menjadikan ibukota Azerbaijan sebagai salah satu situs warisan dunia.

Museum Nasional The Nizami Ganjavi, Baku, Azerbaijan
Museum Nasional The Nizami Ganjavi, Baku, Azerbaijan

Jika kamu berlibur ke Baku, jangan lupa mampir ke museum, teater, perpustakaan dan gedung opera yang tentunya terletak di dalam bangunan kuno bersejarah juga. Di Baku juga banyak memiliki tempat tinggal tipe "home stay" yang ramah untuk kantong kamu jadi tidak usah bingung mau tidur dimana, kalo tidak mau menginap di hotel.

pegunungan di Xinaliq, Azerbaijan
Pegunungan di Xinaliq, Azerbaijan via huffingtonpost.com

Bagi para pecinta alam terutama yang hobi mendaki gunung, di Azerbaijan ada tempat bernama Xinaliq yang terletak di daerah pegunungan, di sini para pengembala domba akan dengan senang hati memberi tahu rute-rute yang cocok sebagai jalur mendaki, bonus melihat domba-domba lucu yang sedang merumput di sekitar pegunungan. Jadi para hikers, mengunjungi Azerbaijan wajib masuk “bucket list”.

7. Slovenia, Eropa Tengah

Pemandangan Sungai Ljubljanica di Ibu Kota Slovenia, Ljubljana
Pemandangan Sungai Ljubljanica di Ibu Kota Slovenia, Ljubljana 

Satu lagi nih negara kecil di Eropa yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik tapi tidak terlalu populer. Di ibu kota Slovenia, Ljubljana, kamu akan banyak disuguhkan keindahan bangunan kotanya yang bergaya klasik Eropa. Kamu akan banyak menemukan outdoor restaurant dan cafe-cafe cantik yang berhadapan langsung dengan keindahan sungai Ljubljanica.

Keindahan Kota Piran yang Dikelilingi Laut Adriatic
Keindahan Kota Piran yang Dikelilingi Laut Adriatic

Tidak cukup sama sungai? Slovenia juga punya laut Adriatic yang tidak kalah cantik dengan laut-laut indah yang ada di negara-negara tropis, bonus tambahan kamu juga bisa menikmati keindahan kota Piran, yang memang terletak di dekat laut Adriatic.

Pemandangan Danau Bled pada Malam Hari
Pemandangan Danau Bled pada Malam Hari

Slovenia juga menawarkan pemandangan Danau Bled yang merupakan daya tarik utama para wisatawan lokal di Slovenia. Jika kamu mengunjungi Danau Bled saat musim panas kamu tidak cuman bisa lihat-lihat keindahannya, tapi juga bisa berenang atau sekedar bersantai di atas perahu sambil ngobrol-ngobrol cantik.

Terus bagaimana kalo musim dingin? Tenang Slovenia juga banyak menawarkan tempat seru untuk berski ria. Banyak para traveller yang telah mengunjungi Slovenia menyebutnya sebagai negara yang paling banyak memiliki “hot spot” untuk para Instagram-trash.

Jadi kalau tabungan sudah cukup untuk jalan-jalan ke Eropa jangan lupa yah mampir ke Slovenia.

8. Seychelles, Afrika Timur

Maldives kemahalan? Kalau begitu Seychelles bisa jadi alternatif lain buat kamu. Tenang saja, keindahan alam yang dimiliki oleh Seychelles tidak kalah dengan yang dimiliki Maldives. Kurang hits? Jangan salah, walaupun sepertinya kurang populer tapi negara ini adalah tempat pilihan anggota keluarga kerajaan Inggris Pangeran William dan istrinya Kate Middleton untuk berbulan madu.

Seychelles adalah negara kepulauan bagian dari Afrika yang terdiri dari 115 pulau. Karena kaya dengan pulaunya, Seychelles bisa dikatakan memiliki seluruh keindahan pantai yang ada di dunia. Bahkan beberapa pantai di Seychelles dijuluki sebagai salah satu pantai terindah di dunia.

Pantai Terindah di Dunia Anse Source D’Argent
Matahari Terbenam di Pantai Terindah di Dunia Anse Source D’Argent

Salah satunya adalah pantai Anse Source D’Argent yang dihiasi dengan pasir pink, banyaknya bebatuan yang halus dan jangan lupa air lautnya yang masih sangat bersih dan jernih membuat pantai ini yang paling sering bersanding di jajaran pantai-pantai terindah di dunia. Di sini kamu bisa berenang, berselancar, snorkeling, atau sekedar berjemur. Cepat-cepat deh kesini, sebelum banyak yang tahu.

pantai beau vallon
Pantai Beau Vallon

Jika pantai Anse Source D’Argent adalah yang terindah di Seychelles, maka pantai Beau Vallon adalah yang paling banyak dikunjungi. Pantai Beau Vallon populer karena aksesnya yang mudah, memiliki banyak penginapan dan tempat makan di sekitar pantai. Walaupun menjadi pantai yang paling banyak memiliki wisatawan, para masyarakat lokal yang membangun penginapan dan tempat makan di sana tidak pernah mematok harga yang tinggi karena mengetahui jumlah backpacker yang lebih banyak mengunjungi pantai ini.

Pemandangan Seluruh Pulau dari Salah Satu Puncak Gunung di Pulau Mahe
Pemandangan Seluruh Pulau dari Salah Satu Puncak Gunung di Pulau Mahe

Selain itu, di salah satu pulau miliki Seychelles ada yang memiliki banyak hutan, dan gunung-gunung tinggi untuk para hikers. Di pulau Mahe, kamu akan banyak disuguhkan hutan-hutan indah dan rute-rute pendakian gunung yang seru. Tenang saja, hutan dan gunung-gunung di sana sudah sering dijadikan rute para pendaki gunung sehingga sudah aman dan tidak perlu takut tiba-tiba ketemu hewan buas.

9. Desa Lolai, Tanah Toraja, Indonesia

negeri di atas awan yang luas di desa lolai
Hamparan Awan yang Luas di Desa Lolai, Tanah Toraja

Nah, kalau yang ini tuh masih bisa disebut dengan istilah “fresh from the oven”, kenapa? Karena daerah ini baru saja diresmikan sebagai tempat wisata tahun 2016. Tapi walau baru dibuka menjadi tujuan wisata tahun lalu, bukan berarti kepopulerannya masih rendah. Desa yang dijuluki “negeri di atas awan” memiliki banyak keindahan alam yang berpotensi besar menjadi tujuan wisata no.1 di Indonesia.

Kenapa “negeri di atas awan”? Ini karena Desa Lolai yang terletak di Sulawesi selatan ini banyak dikelilingi oleh gugusan pegunungan yang tinggi dan puncaknya menyuguhkan pemandangan hamparan awan yang indah. Akses untuk ke desa ini tidak sulit kok, berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Rantepao, kamu cuman perlu naik bis atau menyewa mobil untuk mencapai desa ini.

tongkonan lempe
Rumah Adat Tanah Toraja, Tongkonan Lempe 

Selain itu, jika pergi salah satu puncak pegunungan Desa Lolai, kamu akan menemukan banyak rumah adat suku Toraja  yaitu Tongkonan Lempe yang bisa disewa jadi “home stay”. Pokoknya berwisata di “negeri di atas awan” ini adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin paket lengkap, karena Desa Lolai tidak hanya menawarkan kekayaan budayanya, tapi juga kuliner khas Tanah Toraja, keindahan alamnya dan tentu saja kopi Toraja yang sudah sangat melagenda kenikmatannya.

Tau sendiri kan, Indonesia dikenal dengan keramahan masyarakat dan kearifan lokalnya yang kental. Kamu yang terlalu lama tinggal di ibukota Jakarta pasti jarang merasakan hal ini, tapi di Desa Lolai akan banyak ditemukan situasi dimana para warga asli desa dan wisatawan berbaur dan mengobrol dengan nyaman sambil minum kopi tanpa melihat perbedaan. Jadi jangan takut nyasar jalan-jalan di desa ini, karena pasti akan ada banyak warga desa yang dengan senang hati menolong kamu.

10. Anambas, Kepulauan Riau, Indonesia

Selat Rangsang Pulau Anambas, Kepulauan Riau
Selat Rangsang Pulau Anambas, Kepulauan Riau via blogspot.com

Kamu mengaku pecinta wisata bahari Indonesia tapi cuman bolak-balik Bali – Lombok saja? Bukan pecinta wisata bahari namanya kalau belum pergi ke kepulauan Anambas ini. Fakta penting yang harus kamu tahu adalah kepulauan Anambas ini telah dinobatkan sebagai kepulauan tropis terindah di dunia oleh CNN Travel mengalahkan Thailand dan Malaysia, kurang keren apalagi coba?

pulau jemanja, anambas
Pemandangan Laut di Pagi Hari di Pulau Jemanja, Anambas

Biar ikutan hits juga, pastikan Anambas masuk daftar tempat tujuan untuk libur panjang kamu nanti. Tidak usah khawatir mengenai akses untuk ke kepulauan cantik ini. Kepulauan Anambas mempunyai bandara kecil yang dapat dicapai dengan pesawat kecil dari Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Bandara Hang Nadim (Batam), dan Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru).

 

pulau berbatu anambas 
Pulau Berbatu, Anambas

Serunya wisata bahari di pantai-pantai indah kepulauan Anambas ini akan bikin kamu ingin kembali lagi. Keindahan alam laut dan pantai di kepulauan Anambas, bisa dinikmati dengan berenang, snorkeling sampai diving. Keuntungan lainnya, tidak seperti Bali dan Lombok yang mungkin terlalu mahal untuk kantong, di kepulauan Anambas kamu masih bisa banyak menemukan tempat penginapan dan makanan dengan harga yang murah.

Tips Agar Backpackeran Bisa Lebih Irit Lagi

1. Membeli Tiket Pesawat dari Jauh-Jauh Hari

Jika tempat tujuan liburan harus diakses dengan transportasi udara, lebih baik segera melakukan booking dan pembeliannya dari jauh-jauh hari minimal sebulan sebelum tanggal keberangkatan. Jadi kalau memang sudah punya rencana dan tempat tujuan liburan, lebih baik jangan ditunda lama-lama untuk urusan pembelian tiketnya.

2. Kurangi Penggunaan Transportasi Umum

Jika sudah sampai di tempat tujuan, janganlah terlalu sering menggunakan transportasi umum di sana. Lebih baik perbanyak berjalan kaki untuk ketempat-tempat yang tidak terlalu jauh. Lagipula cara ini adalah yang paling tepat untuk menikmati keindahan tempat liburan lebih dekat lagi. Bila menggunakan transportasi umum, kamu bisa saja melewatkan hal-hal menarik lainnya yang ada disekitar kamu.

3. Hindari Mengambil Uang Cash di Mesin ATM

Jika berlibur ke luar negeri dan kehabisan uang cash, usahakan untuk tidak sama sekali menarik uang cash dari mesin ATM yang ada disana atau ketempat-tempat yang menawarkan penarikan uang dari bank-bank yang tidak ada di negara tersebut. Itu karena pemotongan dana yang diambil cukup banyak untuk sekali penarikan, bisa mencapai sekitar Rp80.000 – Rp100.000.

Untuk itu, pastikan telah memiliki kartu kredit jika memang hobi bepergian ke luar negeri. Ini untuk menghindari kamu dari kekurangan uang cash dengan menjadi cadangan dana darurat.

4. Kalau Sudah Menjadi Hobi, Lebih Baik Sekaligus Memiliki Kartu Kredit yang Cocok untuk Traveller

Telah banyak bank yang menerbitkan kartu kredit untuk nasabahnya yang hobi travelling. Fasilitas dari kartu kredit ini adalah menawarkan berbagai macam diskon yang berhubungan dengan travelling, seperti diskon pembelian tiket penerbangan, diskon menginap di hotel sampai ke diskon makan di restoran.

5. Tidak Usah Beli Oleh-Oleh

Liburan ini kan tujuannya untuk menghilangkan stress dan menghibur kamu, lantas kenapa harus repot-repot mikirin oleh-oleh untuk orang lain? Lagipula budget untuk oleh-oleh itu tidak lah murah. Kamu sudah menghabiskan banyak uang, tidak perlu lagi menambah beban pikiran dengan memikirkan budget untuk oleh-oleh.

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara

Jangan Sampai Bangkrut setelah Liburan

Namanya juga berlibur ala backpacker, jadi kamu harus tau dong caranya berhemat selama berlibur. Untuk itu pastikan pos tabungan khusus untuk kamu berlibur berbeda dari pos tabungan yang lain. Tegas terhadap jumlah dana yang akan dihabiskan untuk liburan, jangan sampai setelah liburan bukannya pikiran tenang tapi menjadi lebih stress lagi karena kamu yang terlanjur kalap menghabiskan seluruh tabungan saat liburan.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Agen Travel untuk Liburan

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar