Selasa, 17 Oktober 2017

Ini Dia Caranya Mengumpulkan Dana Pensiun untuk Para Wanita Karir

Jumat, 06 Oktober 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-dia-caranya-mengumpulkan-dana-pensiun-untuk-para-wanita-karir courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-dia-caranya-mengumpulkan-dana-pensiun-untuk-para-wanita-karir
Ayo berbagi!

Wanita karir adalah sebutan bagi mereka yang gigih bekerja dan berkarir. Terkadang, mereka juga sering mengabaikan urusan keluarga dan memposisikan karir sebagai tujuan utama dalam hidup. Hingga akhirnya ia lupa akan urusan percintaan. Banyak dari wanita karir yang tidak menikah atau menikah di usia tua. Alasan karir menjadi penyebab utama mengapa terjadi hal yang demikian.

Di era yang canggih seperti sekarang, menemukan wanita karir tidaklah sulit. Berkarir juga tidak lagi diperuntukkan bagi kaum Adam saja, tetapi juga kaum Hawa. Namun, pemikiran konyol dan paradigma tentang “wanita tidak boleh lebih tinggi statusnya daripada pria” masih sangat kental. Pemikiran tersebut tentu saja salah. Di zaman seperti sekarang, yang semuanya serba canggih dan mahal, dituntut keselarasan karir antara suami dan istri. Dengan demikian, semua kebutuhan hidup dapat terpenuhi, termasuk dana pensiun.

Dana pensiun ini sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan seseorang di masa tua nanti. Semakin banyak dana yang terkumpul, hidup pun akan semakin anteng. Apalagi jika memiliki usaha disana-sini. Tentu saja bertambahnya umur bukan menjadi persoalan. Di Indonesia sendiri, umur untuk pensiun dimulai dari 55 tahun ke atas tergantung pekerjaan seseorang. Berapakah umurmu sekarang? Sudah berapa banyak dana pensiun yang Anda kumpulkan?

Agar semakin mudah mengumpulkan dana pensiun coba cermati dan terapkan beberapa tips menabung dana pensiun ala wanita karir berikut ini:

Baca Juga: Dana Pensiun: Persiapkan Mulai dari Sekarang!

1. Ingat Waktu

Waktu Cepat Berlalu tanpa Disadari
Waktu Cepat Berlalu tanpa Disadar

Waktu berjalan sangat cepat. Ketika menatap ke belakang, sudah banyak hal yang Anda lalui dan semuanya berlalu begitu saja tanpa terasa. Banyak wanita di zaman sekarang bekerja sangat keras untuk mencapai karir yang diinginkannya. Ia kerap kali menjadi lupa waktu karena selalu mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan karir, karir, dan karir. Jika hal ini dilakukan, Anda akan kehilangan satu poin berharga yaitu menabung dana pensiun.

Karena waktu berlalu sangat cepat, Anda harus benar-benar jeli untuk memperhatikan setiap waktu yang berjalan. Jangan lupakan untuk menabung dana pensiun. Berapapun usia Anda saat ini, tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan dana pensiun. Jumlahnya dapat beranekaragam sesuai dengan pendapatan yang diterima setiap bulan. Jika jumlahnya sedikit, tak apa, Anda hanya perlu bersabar. Toh sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Benar, tidak?

Belajarlah untuk mempersiapkan segala sesuatu secara dini. Tujuannya agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Apalagi jika penyesalannya berkaitan dengan dana pensiun.

2. Tentukan Target Dana Pensiun

Target Dana untuk Pensiun
Target Dana untuk Pensiun

Agar pengumpulan dana pensiun semakin cepat, Anda dapat menentukan berapa target yang akan dicapai. Penetapan target ini akan membuat Anda selalu berorientasi pada target. Ketika ada godaan untuk tidak menabung dana pensiun, bayang-bayang akan target yang hendak dicapai akan mengurungkan niat.

Penetapan target dana pensiun ini beranekaragam, berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Hal ini tergantung pada gaya hidup seseorang. Untuk itu, harus benar-benar mengkalkulasikan berapa biaya yang akan dibutuhkan 25 tahun kemudian. Lalu, perhitungkan berapa lama Anda akan hidup di dunia ini.

Misalnya: Anda menetapkan pensiun di usia 55 tahun dengan tabungan pensiun Rp2,1 Milyar. Umur Anda saat ini 25 tahun. Berarti Anda memiliki waktu 30 tahun lagi untuk mengumpulkan dana Rp2,1 Milyar tersebut. Perhitungannya:

= Rp2.100.000.000 : 30 tahun

= Rp70.000.000 / tahun

= Rp5.833.333,33 / bulan

 

3. Diskusikan Dana Pensiun dengan Pasangan

Diskusikan dengan Pasangan
Diskusikan dengan Pasangan

Untuk apa seseorang mengumpulkan dana pensiun? Tujuan seseorang mengumpulkan dana pensiun tidak melulu hanya sebatas memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kelak. Jika diteliti, seseorang pasti menginginkan hal lain dalam penggunaan dana pensiun. Misalnya: untuk membeli rumah baru atau jalan-jalan ke tanah suci bersama pasangan. Untuk mencapai keinginan tersebut, diskusikan terlebih dahulu dengan suami. Tujuannya agar kedua belah pihak saling berkontribusi untuk memenuhi tujuan bersama. Dengan demikian, bukan hanya istri saja yang memikirkan tabungan dana pensiun. Melainkan juga sang suami.

Baca Juga: Buat Pensiunan, Cobalah Bisnis Ini Agar Tetap Produktif

Rencanakan dengan Baik Demi Masa Pensiun yang Diimpikan

Pensiun? Tidak perlu cemas lagi, apalagi jika sudah memiliki dana pensiun yang cukup. Agar merasa lebih aman lagi dimasa pensiun jangan lupa daftarkan diri Anda ke program asuransi, tenang saja saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan jenis asuransi untuk masa pensiun. Anda hanya perlu untuk memilih yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhannya.

Baca Juga: Sejarah Asuransi, Seperti Apa Perkembangannya Sampai Sekarang?

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar