Rabu, 18 Oktober 2017

BMKG: Kalteng waspadai potensi karhutla

Selasa, 10 Oktober 2017 10:26

Ayo berbagi!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Tjilik Riwut Palangka Raya mengatakan, sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah masih berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Selama beberapa hari ke depan potensi ini terjadi di wilayah Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat, Kabupaten Katingan serta Kota Palangka Raya," kata Prakirawan BMKG Chandra Mukti di Palangka Raya, Selasa (10/10).

Dia menerangkan potensi Karhutla itu terjadi karena kondisi cuaca pada sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah diperkirakan cenderung kering dibanding wilayah lain di provinsi setempat.

Pada periode Minggu (8/10) mulai pukul 07.00 WIB sampai Senin (9/10) pukul 06.00 WIB, pihak BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya menggunakan satelit Terra-Aqua mencatat lima titik panas pada sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah.

Tiga titik terpantau berada di wilayah Kabupaten Katingan, satu titik di Kabupaten Kotawaringin Timur dan sisanya terpantau di Kabupaten Seruyan.

Sementara tingkat kepercayaan pada lima titik panas tersebut tercatat mulai 28 hingga 69 persen.

Sementara itu, BMKG mengimbau masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya bagian utara untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang disertai sambaran petir.

"Saat ini kondisi dalam tiga hari ke depan, untuk wilayah Kalteng bagian utara seperti Kabupaten Barito Utara, Gunung Mas, Murung Raya dan Kabupaten Katingan berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai sambaran petir," katanya.

Masyarakat pun diimbau untuk mewaspadai setiap potensi kebakaran lahan dan hutan termasuk potensi perubahan cuaca yang dapat tiba-tiba. (Ant)

(Der)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar