Selasa, 24 Oktober 2017

Riau jadi tuan rumah peringatan Hakteknas ke-23 2018

Selasa, 10 Oktober 2017 17:35

Foto: Ilustrasi. Foto: Ilustrasi.
Ayo berbagi!

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menunjuk Provinsi Riau sebagai tuan rumah peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 yang akan diselenggarakan pada 10 Agustus 2018. 

"Hakteknas ke-23 tahun 2018 di Provinsi Riau akan mengambil tema Pangan dan Energi," kata Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti Dr Ir Ophirtus Sumule DEA dalam keterangan persnya diterima Antara di Pekanbaru, Selasa (10/10). 

Ia menjelaskan tema tersebut diambil sesuai dengan predikat Riau sebagai salah satu lumbung energi nasional dan penyangga utama kebutuhan pangan di Pulau Sumatera. 

Kepala Sub Direktorat Kemitraan Strategis dan Wahana Inovasi Kemenristekdikti, Dr Kamsol menjelaskan alasan Provinsi Riau ditunjuk sebagai lokasi peringatan Hakteknas-23 karena dinilai sukses mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa). 

"Provinsi Riau sukses mengembangkan SIDa hingga memperoleh anugerah Budhipura tahun 2017 yang diterima oleh Bapak Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada pelaksanaan hari puncak Hakteknas ke-22 di Makassar 2017 lalu," ujar Kamsol. 

Sementara itu dalam rangka persiapan Hakteknas ke-23 tersebut, Tim Kemenristekdikti dan Pemerintah Provinsi Riau melakukan rapat koordinasi hari ini. 

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mewakili Pemprov Riau menyambut baik rencana peringatan Hakteknas yang rencananya di selenggarakan di Kota Pekanbaru. 

Dalam rapat tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk segera membentuk format kepanitiaan nasional dan daerah, susunan kegiatan serta lokasi pelaksanaan. 

Sejumlah perguruan tinggi negeri seperti Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, Polteknik Bengkalis, Politeknik Caltex serta Universitas Muhammadiyah Riau ambil bagian dalam rapat tersebut. 

Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi mendukung penuh kegiatan tersebut. Ia meminta kepada seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi Riau serta Perguruan Tinggi yang terlibat dapat berkoordinasi secara efektif.

"Persiapkan Hakteknas dengan baik, selanjutnya undang lebih banyak partisipan termasuk kalangan perhotelan, pariwisata, usaha kreatif, transportasi, kuliner, Pemkab Pemkot agar dapat berkontribusi dengan optimal," ujar Ahmad. 

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan salah satu hari nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Kepres No. 71/1995. 

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ditetapkan berdasarkan keberhasilan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatot Kaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti nyata bahwa sejak dua dekade yang lalu, bangsa kita telah mampu mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif sejajar dengan bangsa maju lainnya. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar