Selasa, 12 Desember 2017

Selasa malam, saat-saat penentuan bagi upaya kemerdekaan Catalunya?

Selasa, 10 Oktober 2017 22:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!
Catalunya
EPA
Pengunjuk rasa mengibarkan bendera Catalunya sebagai bentuk dukungan atas upaya kawasan ini berpisah dari Spanyol.

Presiden Catalunya, Carles Puigdemont, dijadwalkan berpidato di parlemen setempat, Selasa (10/10) petang, untuk menyampaikan hasil referendum kemerdekaan yang digelar pada 1 Oktober.

Di depan para anggota parlemen, Puigdemont akan memaparkan hasil referendum kemerdekaan yang oleh pemerintah di Madrid dikatakan tidak sah.

Referendum diikuti oleh sekitar 43% dari total pemilih dan dari angka tersebut lebih dari 90% mendukung kemerdekaan Catalunya.

Beredar spekulasi bahwa Puigdemont akan mengumumkan secara sepihak kemerdekaan Catalunya.

Soalnya Puigdemont dalam beberapa kesempatan sudah menegaskan akan mendeklarasikan kemerdekaan Catalunya meski mendapat penentangan luas, baik dari dalam Spanyol maupun dari sejumlah negara di Eropa.

Spanyol, polisi
Getty Images
Aparat polisi nasional sudah dikerahkan ke Barcelona, ibu kota Catalunya.

Sejumlah analis memperkirakan -dengan melihat perkembangan terbaru- Puigdemont tidak secara eksplisit mengumumkan kemerdekaan Catalunya.

Ia, bisa jadi, akan menyampaikan semacam 'peta jalan atau rencana strategis' dengan harapan suatu saat nanti Catalunya dibolehkan menggelar lagi referendum yang hasilnya akan diakui dan mendapat pengakuan luas.

Catalunya
BBC

Apa pun yang ia sampaikan, semua mata akan tertuju ke dirinya dan pidatonya tersebut secara otomatis mengawali periode 48 jam di mana Catalunya bisa mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol.

Bisa jadi, pemerintah di Madrid sudah memperkirakan kemungkinan terburuk dan akan mengirim tambahan ribuan personel polisi untuk mengamankan kompleks parlemen Catalunya, lapor wartawan BBC di Barcelona, Tom Burridge.

Carles Puigdemont
EPA
Pemimpin Catalunya, Carles Puigdemont (kanan), memimpin rapat kabinet di Barcelona, hari Selasa (10/10).

Diminta berdialog

Polisi bisa diminta untuk melakukan intervensi jika dipandang perlu oleh pemerintah di Madrid.

Sejak awal pemerintah Spanyol pimpinan Perdana Menteri Mariano Rajoy menolak referendum dan akan mengambil langkah apa saja untuk mencegah pemisahan diri Catalunya.

Spanyol, Catalunya
BBC

Para politisi di Spanyol mendesak agar Puigdemont dan PM Rajoy menggelar dialog untuk menyelesaikan krisis. Keduanya juga diminta menjaga suasana tetap kondusif sehingga mediasi atau dialog bisa digelar.

Seruan antara lain juga datang dari Wali Kota Barcelona, Ada Colau, yang secara khusus meminta Puigdemont dan Rajoy untuk tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang konfrontatif.

Colau juga meminta Rajoy untuk tidak menghilangkan otonomi Catalunya dan mendesak agar ribuan polisi ditarik.

Sebelumnya, pemimpin Partai Sosialis yang beroposisi, Pedro Sanchez, mendesak Puigdemont untuk menggunakan perundingan dan bukan pernyataan kemerdekaan sepihak.

"Jika (Puigdemont) mendengarkan, ikuti saran kami... jangan umumkan kemerdekaan secara sepihak. Kembali ke cara-cara yang legal dan ikuti dialog," kata Sanchez.

Ia mengatakan pernyataan kemerdekaan secara sepihak tak boleh terjadi di negara demokratis, yang menjunjung tinggi tatanan hukum.

Menurut Sanchez, pihaknya mendukung perubahan konstitusional yang akan mengakui Catalunya sebagai 'negara di dalam Spanyol', status yang sempat diberlakukan sebentar di Catalunya sepuluh tahun lalu.

Spanyol, Catalunya
BBC
Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar