Selasa, 12 Desember 2017

Masyarakat diimbau tetap tenang, ini rekomendasi PVMBG terkait aktivitas Gunung Ili Lewotolok

Rabu, 11 Oktober 2017 11:04

Gunung Ili Lewotolok. Foto: lintasntt.com Gunung Ili Lewotolok. Foto: lintasntt.com
Ayo berbagi!

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, banyak berita palsu (hoax) yang memberitakan Gunung Ili Lewotolok meletus. Berita tersebut tidak benar. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Ili Lewotolok tetap status Waspada.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran tertulisnya melalui laman resmi BNPB, Rabu (11/10) pagi.

Terkait hal tersebut, masyarakat diimbau untuk tetap tenang. "Pemantauan aktivitas Gunung Ili Lewotolok dilakukan secara kontinyu dari Pos PGA di Desa Laranwutun, Kecamatan Ili Ape," kata dia.

Rekomendasi PVMBG, masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok dan pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya di dalam area kawah Gunung Ili Lewotolok dan di seluruh area dalam radius dua kilometer dari puncak/pusat aktivitas Gunung Ili Lewotolok.

"Seluruh pihak agar menjaga ketenangan suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan berita bohong (hoax) dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ili Lewotolok yang tidak jelas sumbernya," tandas Sutopo.

Gunungapi Ili Lewotolok terletak di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian 1423 meter di atas permukaan laut. Sejarah erupsi Gunung Ili Lewotolok pernah terjadi pada tahun 1660, 1819, 1849, 1852, 1821, 1864, 1889, dan 1920.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar