Selasa, 24 Oktober 2017

Jika terjadi erupsi Gunung Agung, 98 persen obyek wisata Bali aman

Rabu, 11 Oktober 2017 12:02

Gunung Agung. Foto: Kemlu RI Gunung Agung. Foto: Kemlu RI
Ayo berbagi!

Bali Tourism Board (BTB) melalui Media Center Bali Tourism Hospitality meyakinkan kepada dunia bahwa 98 persen objek wisata di Pulau Dewata Bali masih aman untuk dikunjungi jika terjadi erupsi Gunung Agung.

“Sebanyak 98 persen sesuai informasi BNPB kawasan wisata masih aman di Bali, jika terjadi erupsi Gunung Agung,” kata Dewa Gede Ngurah Byomantara, Ketua Divisi 3 Bali Tourims Hospitality saat jumpa pers di Gedung Bali Tourism Board, Renon, Selasa (10/10).

Ia mengatakan, jika erupsi Gunung Agung terjadi, hanya 2 persen yang terkena imbasnya, yakni objek wisata Besakih dan Tulamben serta Tirta Gangga.

“Kalau Kuta , Ubud, Nusa Dua, dan Sanur masih jauh jaraknya dengan Gunung Agung,” jelas dia, seperti diinformasikan melalui laman resmi Kemlu, Rabu (11/10), bersumber dari Biro Humas PemprovBali/balipuspanews.

Kata Dewa Gede Ngurah, pihaknya meyakini sampai saat ini di luar 12 kilometer dari kawah Gunung Agung dalam kategori aman.

“Ya kita bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Bali serta komponen lainnya untuk bisa memberikan penjelasan soal Gunung Agung dan dampaknya,” ucap dia.

Ia menyebutkan, saat ini pihaknya telah menyiapkan tiga langkah dalam penanganan Gunung Agung erupsi, fase pertama siaga yakni pada saat gunung erupsi pihaknya mengantisipasi berita hoax dan melakukan counter dengan laporan yang benar.

Kemudian fase kedua yakni fase erupsi, pihaknya melakukan upaya-upaya agar tamu masih bisa tinggal dengan nyaman dengan memberikan gratis inap serta evakuasi di bandara yang telah disediakan. Fase terakhir melakukan recovery pariwisata tahun 2018.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar