Sabtu, 21 Oktober 2017

Pantau Pilkada 2018, Bawaslu-KPK akan diskusikan proses-proses penindakan

Rabu, 11 Oktober 2017 11:32

Ilustrasi. Foto: setkab.go.id Ilustrasi. Foto: setkab.go.id
Ayo berbagi!

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengadakan pertemuan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Selasa (10/10), membahas pencegahan terjadinya politik uang dalam Pilkada serentak 2018.

Pertemuan terkait pencegahan politik transaksional dalam Pilkada serentak 2018 tersebut, menurut Ketua Bawaslu, Abhan, politik transaksional pada tahapan pemilihan umum menjadi salah satu sorotan Bawaslu, mengingat banyaknya kasus kepala daerah yang terjerat korupsi belakangan ini.

Dengan kerjasama tersebut, diharapkan nantinya pencegahan korupsi dapat dilakukan serta dapat dengan segera ditindaklanjuti dengan peningkatan dengan temuan di lapangan soal praktik politik transaksional.

“Kita melihat beberapa kali KPK melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan) terkait dengan kepala daerah. Tentu kepala daerahnya melalui proses politik yaitu demokrasi, maka dari itu, kami Bawaslu punya peran, bagaimana agar ke depan, kepala daerah dan tentu ketika Pileg, calon-calon anggota DPR adalah orang-orang yang punya integritas,” paparnya.

Abhan menambahkan, Bawaslu memiliki beberapa kewenangan dalam pengawasan terkait hal tersebut.

“Nantinya barangkali kami akan mendiskusikan dengan KPK terkait dengan proses-proses penindakan,” tuturnya.

Penulis: Yuno

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-FrY

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar