Sabtu, 16 Desember 2017

Survei Indikator Politik Indonesia

68,3 persen masyarakat puas atas kinerja Jokowi

Rabu, 11 Oktober 2017 16:36

Ayo berbagi!

Tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di posisi 68,3%. Di mana 7,95% publik mengaku sangat puas dan 60,39% menyatakan puas. Demikian temuan survei nasional yang diadakan oleh Indikator Politik Indonesia, Rabu (11/10).

Dalam paparannya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, survei dilakukan pada rentang waktu 17-24 September 2017 dengan melibatkan 1.220 responden warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih yang dipilih secara random (multistage random sampling).

Untuk margin of error sebesar +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Metode survei dengan wawancara secara tatap muka.

Dari survei tingkat kepuasan tersebut, kata Burhanuddin sebanyak 29,5% masyarakat mengaku kurang puas dimana 27,23% menyatakan tidak puas dan 2,26% mengaku tidak puas sama sekali.

"Sejak Maret 2016, kepuasan atas kinerja Jokowi secara konsisten mengalami peningkatan dan dalam setahun terakhir approval rating terhadap Jokowi terlihat stabil. Jika pun ada, fluktuatif itu tidak signifikan dan masih dalam rentang error survei," jelas Burhanuddin seperti dilaporkan Reporter Elshinta.com, Sigit Kurniawan.

Dijelaskan Burhanuddin, dari tingkat kepuasan kinerja Jokowi tersebut, hasil survei memperlihatkan sebanyak 72,6% masyarakat mengaku yakin atas kemampuan Jokowi dalam memimpin. Sedangkan 22,6% menyatakan tidak yakin.

"Ini modal psiko-politik penting sebagai dukungan politik pada kepemimpinan nasional-terlepas dari banyaknya masalah yang dihadapi bangsa ini," ujarnya.

Tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi ini, ungkap Burhanuddin terungkap dari bagaimana Jokowi menanggulangi berbagai masalah, di mana 72% masyarakat puas atas pembangunan jalan umum, diikuti perbaikan pelayanan kesehatan sebesar 65%. Sementara 27% Jokowi dinilai belum mampu menyelesaikan masalah pengangguran.

Penulis: Devi Novitasari

Editor: Sigit Kurniawan

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar