Selasa, 24 Oktober 2017

Survei Indikator Politik Indonesia

Jika pilpres digelar hari ini, Jokowi masih unggul

Rabu, 11 Oktober 2017 16:44

Ayo berbagi!

Meski pemilihan presiden (pilpres) masih dua tahun lagi, namun masyarakat tampaknya masih menaruh kepercayaan kepada Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinan di republik ini. Hal itu terungkap dari paparan hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, Rabu (11/10).

Dijelaskan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dari hasil survei yang dilakukan pada rentang waktu 17-24 September 2017 dengan melibatkan 1.220 responden warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih, terungkap jika pilpres digelar hari ini sebanyak 34,2% responden memilih Joko Widodo sebagai presiden. Diikuti Prabowo Subianto yang memperoleh dukungan sebesar 11,5% dan Susilo Bambang Yudhoyono sebesar 2,1%.

Dijelaskan Burhanuddin, dukungan terhadap Jokowi saat ini tidak berbeda dengan setahun lalu, Agustus 2016. "Jokowi sempat menguat pada pertengahan Agustus 2016, namun kembali melemah beberapa bulan berikutnya, tetapi kemudian trennya terus menguat hingga saat ini," kata Burhanuddin seperti dilaporkan Reporter elshinta.com, Sigit Kurniawan.

Tidak hanya itu, dari hasil survei juga terungkap jika dihadapkan pada pilihan dua nama presiden yang dipilih antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto, responden masih memilih Jokowi. "Sebanyak 85,9% responden memilih Jokowi, sementara 31,3% memilih Prabowo Subianto," ujar Burhanuddin.

Sedangkan tren pilihan responden atas dua nama tersebut, lanjut Burhanuddin, Jokowi memang mengalami peningkatan dari 54,9% pada Agustus 2016 menjadi 58,9% pada September 2017. Sedangkan Prabowo cenderung stagnant di angka 31,6% pada Agustus 2017 dan 31,3% pada September 2017.

"Meski demikian, patut dicatat, Prabowo belum melakukan kampanye sistematik sejak 2014. Perolehan secara stabil di kisaran 31% ini menunjukkan Prabowo memiliki basis pemilih loyal yang tidak sedikit. Ini bisa menjadi perhatian bagi pendukung Jokowi tentunya," kata Burhanuddin.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan secara random (multistage random sampling) dengan margin of error sebesar +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Metode survei dengan wawancara secara tatap muka.

Penulis: Devi Novitasari

Editor: Sigit Kurniawan

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar