Selasa, 12 Desember 2017

Tingatkan pajak, Pemprov Sumut lakukan MoU dengan Kanwil DJP

Rabu, 11 Oktober 2017 20:26

Ayo berbagi!

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara lakukan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumut I dan II, tentang inklusi kesadaran pajak, Selasa (10/10) siang.

Reporter Elshinta, Prasetyo, Rabu (11/10) melaporkan, penandatanganan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi bersama dengan kepala Kanwil DJP Wilayah I, Mukhtar dan Kepala Kanwil DJP Wilayah II, Tri Bowo di Aula serbaguna gedung Kanwil DJP Sumut I Lantai 8, di Jl. suka Mukia No. 17 A, Aur Medan Maimun.

Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi mengatakan bahwa penandanganan kesepakatan bersama tersebut diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kewajiban pembayaran pajak.

Seperti kita ketahui 75 persen APBN berasal dari pajak. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan penerimaan pajak yang semakin meningkat, maka diperlukan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak.

"Kita harap kesadaran masyarakat Sumatera Utara untuk membayar pajak meningkat. Apalagi lembangunan di Sumut saat ini sedang berjalan salah satunya pembangunan jalan tol yang sebentar lagi akan diresmikan presiden Jokowi dan inilah salah satu dari hasil pajak kita," ucapnya.

Dijelaskan juga oleh Kepala Kanwil DJP Sumut I, Mukhtar bahwa DJP juga telah melakukan MoU dengan Kementrian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dalam meningkatkan penerimaan pajak.

Terlebih, tren pajak sekarang ini perannya cukup besar, untuk Sumut I sendiri menargetkan penerimaan pajak 2017 sebesar Rp19,3 T sementara target penerimaan untuk Sumut II sebesar Rp5,5 triliun.

"Dari target penerimaan pajak tahun 2017, untuk Sumut I sebesar Rp19,3 T baru terealisasi sebesar 60 persen atau sekitar Rp12 T. Inilah kami mohon dukungan dari berbagai instansi termasuk Pemprovsu sehingga penerimaan pajak bisa semakin dimaksimalkan,” beber Mukhtar.

Saat ini, pihaknya terus berupaya untuk memberikan edukasi pajak kepada masyarakat mulai dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi.

Selain Mou, DJP juga sudah melakukan program Pajak Bertutur yang telah digelar di beberapa perguruan tinggi. Kedepan diharapkannya, semua institusi, dosen dan tenaga pengajar harus memahami tentang pajak, pihaknya juga akan membuat kurikulum pendidikan pajak.

“Kalau pemahaman cukup baik, maka korelasinya tingkat kesadaran dan kepatuhan pajak juga baik,” ujar Muktar.

Dalam kegiatan tersebut juga tampak hadir Kadis Perindag Provsu, Alwin Pane, Kepala Biro Otda Provsu, Basyarin Tanjung, Kepala Badan Pengelola Keuangan Anggaran Daerah Provinsi Sumut, Agus Tripriyono, Kepala BKD Provsu, Kaiman Turnip serta jajaran Kanwil DJP Sumut I dan II. para dinas terkait dan seluruh jajaran Kanwil DJP wilayah Sumut.

Penulis: Devi Novitasari

Editor: Sigit Kurniawan

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar