Selasa, 12 Desember 2017

Enam pengedar ganja dibekuk Polres Jayapura

Rabu, 11 Oktober 2017 23:57

Foto: Aman Hasibuan. Foto: Aman Hasibuan.
Ayo berbagi!

Polres Jayapura, Papua menangkap enam pengedar ganja, TS (32), BI (18), BM (24), YM (41), JF (24), dan JY (40) di Kabupaten Jayapura. Polisi juga menyita ganja seberat 5 kilogram dan beberapa unit handphone milik pelaku.

“Enam orang pengedar ganja yang di tangkap ini, tiga orang diantaranya Warga Negara Papua New Guenia (PNG), dan satu anggota Satpol PP tenaga honorer di Kota Jayapura mereka sudah sering beroperasi  mengedarkan ganja wilayah Kabupaten Jayapura,”kata Wakapolres Jayapura Kompol Iip Syarif Hidayat didampingi Kasat Narkoba Polres Jayapura Iptu Gondam Prigondani di Mako Polres Jayapura, Rabu (11/10).

Syarif Hidayat menyampaikan, penangkapan enam pengedar ganja ini berawal dari pengungkapan Tim Elang Polres Jayapura yang sedang melaksanakan sweping di batas Kota Jayapura, dimana dalam sweping Team Elang ini berhasil mengamankan tersangka TS (32) yang kedapatan membawa ganja ke arah Sentani.

Wakapolres Jayapura menjelaskan, pada saat Tim Elang melaksanakan sweping hari Sabtu (7/10) sekitar pukul 01.00 WIT dini, mereka langsung menangkap TS (32) setelah mendapatkan barang bukti ganja pada tersangka sebanyak 30 bungkus plastik ukuran besar dan 2 plastik ukuran kecil.

“Setelah mengamankan pelaku TS, satuan narkoba Polres Jayapura melakukan pengembangan dan berhasil menangkap lima tersangka lainnya di dua tempat berbeda, yakni Pos Tujuh dan BTN Furia Yahim Sentani, Kabupaten Jayapura. Lalu tim ini melakukan pengembangan ke daerah Pos VII atas Sentani sehingga kembali berhasil mengamankan 2 tersangka BI (18) dan BM (24) dimana ketiga tersangka tersebut merupakan warga negara Papua New Guinea (PNG), ”tuturnya.

Lebih lanjut kata Wakapolres Jayapura, dari tangan enam tersangka yang diamankan oleh jajaran Satuan Narkoba Polres Jayapura berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis ganja siap edar kurang lebih lima kilo gram.

"Barang bukti yang diamankan yakni 6 bungkus plastik besar, 2 bungkus plastik bening ukuran sedang dan 1 bungkus plastik hitam ukuran sedang. Jadi jumlah keseluruhan barang bukti yang berhasil kita amankan kurang lebih 5 kilogram ganja dengan 6 orang tersangka, 3 warga negara PNG dan 3 warga indonesia dimana salah 1 tersangka berinisial YM (41) merupakan anggota Sat Pol PP Kota Jayapura dengan status honorer,” jelasnya seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Aman Hasibuan.

Saat ini keenam pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolres Jayapura untuk proses hukum selanjutnya. “Untuk ancaman hukuman yang di berikan berbeda-beda, tersangka TS (32), BI (18), BM (24) kami kenakaan pasal 111 ayat (2) subsider pasal 127 ayat (1) dengan ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun penjara, sedangkan tersangka JF (24), JY (40) dikenakan pasal 111 ayat 1 dengan ancaman hukuman 4 sampai 12 tahun penjara dan untuk tersangka YM (41) dikenakan pasal 114 ayat (1) subsider 111 ayat (1) jo 127 ayat (1) dengan ancaman hukuman 5 tahun sampai 20 tahun penjara,”ungkapnya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar