Senin, 23 Oktober 2017

Mana yang Sebaiknya Dilakukan Saat Butuh Uang, Gadai Emas atau Jual Emas?

Kamis, 12 Oktober 2017 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/mana-yang-sebaiknya-dilakukan-saat-butuh-uang-gadai-emas-atau-jual-emas courtesy https://www.cermati.com/artikel/mana-yang-sebaiknya-dilakukan-saat-butuh-uang-gadai-emas-atau-jual-emas
Ayo berbagi!

Banyak orang telah lama mengandalkan emas sebagai salah satu jenis investasi yang stabil untuk mendapatkan imbal balik yang besar. Karakteristik emas yang cenderung mengalami kenaikan harga setiap tahunnya dan kemampuannya yang baik dalam mengatasi inflasi (kebal inflasi) dan ada satu lagi daya tarik emas yaitu mudah dijual jika kondisi darurat membuat emas makin banyak penggemarnya.

Membeli emas bisa dijadikan investasi untuk berbagai tujuan, bisa jangka pendek, panjang atau bisa digunakan saat butuh dana darurat. Walau terkesan klasik, namun masih banyak orang terutama di luar kota besar yang menggunakan Logam Mulia sebagai investasi. Bentuknya bisa berupa perhiasan atau emas batangan Antam. Konsep investasinya sederhana, yaitu beli saat ini dan kemudian bisa di jual kembali saat harganya naik. Jika harga belum naik dan butuh uang, bisa juga digadaikan di Bank-bank Syariah maupun Pegadaian Syariah untuk mendapatkan uang tunai.

Baca Juga: Semua yang Perlu Diketahui dari Emas Sebelum Dijadikan sebagai Investasi

Saat Butuh Uang, Pilih Gadai Emas atau Jual Emas?

Menggadai atau Menjual Emas
Menggadai atau Menjual Emas

Dalam menjalani kehidupan, kadangkala kita mengalami kondisi keuangan dalam keadaan darurat misalnya saja akibat kehilangan pekerjaan atau kegagalan dalam bisnis yang dijalankan akibat berbagai sebab.

Manakala seseorang mengalami hal tersebut, maka kebutuhan akan uang semakin mendesak, oleh karena itu jika kita memiliki emas sebagai dana darurat, kita bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut.

Pertanyaannya, sebaiknya lebih memilih jual emas atau digadaikan saja emasnya?

Plus Minus Jual Emas saat Butuh Uang Mendesak

menjual emas
Menjual Emas

Apabila kondisi sedang terdesak, dan memaksa kita untuk memiliki dana segar dalam jumlah yang besar dan cepat, seperti misalnya terjadi musibah, biaya persalinan, dan lain-lain, maka dengan menjual emas, kita akan  mendapatkan solusi dalam mengatasi kesulitan tersebut.

Jika di kemudian hari setelah kondisi darurat terlewati dan bisa memiliki uang yang cukup, maka membeli emas lagi bisa jadi pilihan menarik. Dengan menggunakan layanan buyback dari galeri tempat awal membeli, bisa menjual kembali ke tempat tersebut (atau ke toko-toko emas besar di kota tempat tinggal Anda).

Dalam proses jual beli emas dengan tujuan untuk investasi maka perlu memahami bahwa kadangkala ada Toko Emas sedikit tertutup untuk memberikan keterangan atau pengarahan kepada  konsumen secara terbuka masalah harga dan pertimbangan investasi. Banyak ditemui juga pemilik emas merasa mengalami kesulitan  ketika menjual emas, karena tidak mengetahui standar perhitungan emas. Sedangkan  toko emas sendiri tidak transparan dalam menerapkan standar harga jual-beli emas seperti harga Dollar.

Membeli emas batangan (LM-Logam mulia) bisa didapatkan di gerai Antam atau toko emas. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah, pastikan tempat membeli LM tersebut punya sistem buy back (beli emas kembali) dengan harga yang menarik.

Solusi lain saat kondisi darurat butuh uang dan anda punya emas batangan Antam, maka bisa mencoba gadai emas syariah untuk mendapatkan dana segar.

 

Plus Minus Gadai Emas Syariah

Pegadaian Emas Syariah
Pegadaian Emas Syariah

Jika kondisi yang Anda alami mendesak, skema mendapatkan dana segar dengan sistem gadai emas syariah bisa jadi alternatif mendapatkan dana dimana Anda juga tidak kehilangan (masih memiliki) emas. Emas yang digadaikan sewaktu-waktu bisa ditebus jika sudah memiliki dana.

Sistem gadai emas syariah tidak beda jauh dengan pinjaman bank pada umumnya. Gadai emas biasanya dilayani oleh bank syariah atau pegadain dimana mereka menerapkan prinsip barang yang dihargai kemudian ditebus lagi. Biasanya sistemnya langsung yaitu saat Anda memiliki uang dalam jumlah cukup bisa langsung melunasi atau mengambil barang kembali atau bisa juga dengan sistem angsuran.

Salah satu kemudahan investasi emas adalah likuiditas yang bagus, artinya emas mudah dicairkan saat kondisi mendesak butuh uang. Pencairan emas bisa dalam bentuk dijual kembali atau digadaikan. Jika harga emas belum bagus, sebaiknya gadaikan saja jika butuh uang untuk modal usaha misalnya. Nanti saat usaha sudah jalan dan menghasilkan, emas bisa ditebus kembali.

Sebelum gadai emas perlu memperhatikan hal berikut ini:

  • Membuat perhitungan dengan baik terlebih dahulu mengenai kondisi finansial.
  • Tujuan kalkulasi keuangan adalah apakah kita memiliki kemampuan untuk membayar biaya gadai dan menebus emas sesuai jatuh tempo kita di kemudian hari.
  • Ingat biaya gadai emas cukup besar sehingga dengan memahami hal ini, maka kita tidak akan tekor karena telah melakukan gadai emas.

Jika kalkulasi kita tidak tepat besar kemungkinan kita akan kesulitan melakukan tebus gadai dan berujung pada pelunasan yang molor sehingga muncul banyak biaya.

Saat Butuh Uang Mendesak, Jual Emas atau Gadai Emas?

Gadai atau Jual, Mana yang Sesuai Kebutuhan?
Gadai atau Jual, Mana yang Sesuai Kebutuhan?

Dari beberapa uraian mengenai plus minus jual emas dan gadai emas di atas, secara umum bisa kita buat rangkuman sebagai berikut:

Kelebihan Jual Emas:

  • Harga: Lebih tinggi (mengikuti harga standar Antam), namun tetap fluktuatif, dan tergantung dimana membeli emas tersebut. Banyak toko emas yang membuat standar harga buyback 4% dari harga saat ini. Jika toko tidak terbuka dalam membuat acuan harga maka Anda bisa cek harga jual maupun harga buyback yang dikeluarkan oleh Antam.
  • Proses pencairan: Cepat, uang di terima saat itu juga ketika emas diserahkan.
  • Lokasi Jual:Toko tempat membeli emas, Toko emas terkemuka di kota Anda.

Kelebihan Gadai Emas

  • Nilai pencairan yang lebih rendah dibandingkan jika menjual langsung, namun tetap memiliki emas tersebut karena fisik emas hanya digadaikan dan bukan dijual. Biasanya nilai gadai 85-95% dari nilai taksir  untuk bank syariah dari nilai taksir..
  • Gadai emas dirancang untuk nasabah yang butuh dana darurat sehingga bisa memberikan proses pencairan yang cepat, bahkan tak lebih dari 30 menit di pegadaian atau paling lama 3 jam di Bank Syariah.
  • Lokasi Gadai:Pegadaian Syariah & Bank Syariah, Conth: BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri Danamon Syariah, dsb.

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Lagi Tren Saat Ini

Pilihan Gadai Emas atau Jual Emas saat Butuh Dana Mendesak, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat kondisi mendesak butuh uang, maka pilihan jual emas atau gadai emas sebaiknya pahami terlebih dahulu plus minus dan tujuan.

Jual emas cocok untuk kondisi seperti berikut ini:

  • Butuh dana untuk tujuan jangka panjang atau pendek seperti pendidikan anak, pernikahan, umroh dan haji dan lain-lain, maka menjual emas adalah tindakan yang tepat karena sudah sampai pada waktunya (tujuannya).

Gadai emas cocok untuk kondisi seperti berikut ini:

  • Kondisi darurat (jika membutuhkan dana darurat dan cepat)

Hal lain yang perlu diperhatikan:

Jika melakukan gadai emas maka ada biaya gadai yang harus dipertimbangkan sehingga jangan sampai tujuan dari masa depan (pernikahan, haji, biaya pendidikan anak, dan lain-lain) berubah  akibat keliru dalam mengelola keuangan karena gadai emas tersebut.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar