Kamis, 14 Desember 2017

Goals pemerintah terkait pendaftaran nomor seluler berbasis NIK

Kamis, 12 Oktober 2017 11:31

Ilustrasi. Foto: Disdukcapil.kuningankab.go.id Ilustrasi. Foto: Disdukcapil.kuningankab.go.id
Ayo berbagi!

Sosialisasi pendaftaran ulang kartu seluler prabayar tengah digaungkan oleh pemerintah dan beberapa instansi terkait maupun penyedia seluler. Persiapan perihal pelaksanaannya pun hingga kini terlihat dipersiapkan oleh beberapa instansi. Namun, goals apakah yang memang ingin dicapai pemerintah terkait pemberlakuan regulasi tersebut?

“Ini yang perlu saya sampaikan, bahwa negara ini terus menerus melakukan pembenahan dan perbaikan. Ada tiga hal yang ingin dituju dengan pendaftaran nomor seluler yang berbasis nomor induk kependudukan ini,” demikian dikatakan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh.

Menurutnya, capaian pertama yang diinginkan pemerintah ialah guna mencegah adanya penyalahgunaan nomor pelanggan seluler prabayar. Saat ini, jelasnya, banyak terjadi penyalahgunaan menggunakan nomer pelanggan untuk hate speech. “Untuk menjelek-jelekkan orang di media sosial, melalui dunia maya” ujarnya. 

Hal kedua yang ingin dituju ialah masalah penipuan. “Dengan iming-iming mendapat hadiah, keluarganya kecelakaan, diming-imingi sesuatu untuk tawaran masuk ke PNS (Pegawai Negeri Sipil), itu banyak sekali penipuan-penipuannya,” jelas dia. 

Zudan menyatakan, dengan seluruh kartu terdaftar, maka hal tersebut dapat dihindarkan.

Poin terakhir, menurut Zudan, Indonesia sedang menuju negara dengan single identity. “NIK itu akan menjadi semua pintu masuk. Jadi akses dalam semua layanan. Nanti ke depan mengurus izin IMB, membuat paspor, membuat SIM, mengurus BPJS, mengurus rekening bank, asuransi, semuanya dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” paparnya.

Saat ini, seperti ditambahkan Zudan, pemerintah tengah mengembangkan ekosistem terkait goals yang ingin dituju. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat peduli terhadap NIK masing-masing, alamat tetapnya. 

Penulis: Yuno

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-FrY

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar