Selasa, 24 Oktober 2017

Dukcapil Kemendagri sediakan NIK dukung daftar ulang seluler prabayar

Kamis, 12 Oktober 2017 09:30

Ilustrasi. Foto: dukcapil.kemendagri.go.id Ilustrasi. Foto: dukcapil.kemendagri.go.id
Ayo berbagi!

Direktorat Jenderal Kementerian Dukcapil Kementerian Dalam Negeri menyediakan data kependudukan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) guna mendukung kebijakan pendaftaran ulang kartu prabayar dari seluruh kartu seluler di Indonesia.

Demikian diungkapkan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh kepada Elshinta, Kamis (12/10). 

Ia mengatakan, rencana menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK) sebagai basis pendaftaran kartu prabayar sebenarya bukanlah hal yang baru. Menurutnya, pihaknya telah merencanakan hal tersebut  sejak tahun lalu.

“Jadi persiapan pemerintah ini sangat panjang, sangat serius, dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Sehingga koordinasi dengan Kominfo, dengan 6 penyelenggara seluler, terus menerus dilakukan, bahkan terakhir kita melakukan uji stress test,” kata dia.

Uji stress test, diterangkan Zudan, merupakan sebuah metode uji agar nantinya jika masyarakat yang dengan jumlah jutaan melakukan pendaftaran secara bersamaan, kemampuan data sever di Dukcapil bisa melayani dengan maksimal.

“Di Kominfo itu menerbitkan regulasiya, menerbitkan peraturan Menteri Kominfo yang mewajibkan agar semua pelanggan kartu prabayar khususnya melakukan pendaftaran kartu NIK dan nomor Kartu Keluarga,” paparnya. 

Penulis: Yuno

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-FrY

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar