Kamis, 19 Oktober 2017

Kurangnya kesadaran wajib pajak

Kamis, 12 Oktober 2017 16:49

Ilustrasi. Foto: financialhelper.co.uk Ilustrasi. Foto: financialhelper.co.uk
Ayo berbagi!

Guna meningkatkan pendapatan negara, diperlukan peningkatan kepatuhan perpajakan masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepatuhan formal atau penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT) tahunan PPH adalah melalui program konfirmasi status wajib pajak (KSWP).

Kepada Elshinta, Fajar Julianto, Kasibdit Pelayanan Operasional Direktorat Teknologi Informasi Perpajakan Ditjen Pajak memaparkan, target penerimaan pajak sebanding dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan pembangunan dan kualitas pembangunan, tentu setiap tahun meningkat cukup besar.

“Faktanya, sepanjang 10 tahun terakhir, hampir hanya 1 tahun tercapai penerimaannya. Sisanya, kita belum bisa mencapai. Tercapai tahun 2008, jadi itulah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak dengan mendorong kepatuhan wajib pajak melalui program KSWP,” tuturnya.

Menurutnya, tidak tercapainya target wajib pajak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya dari faktor eksternal, karena faktor melambatnya perekonomi nasional maupun global, namun bisa juga disebabkan oleh faktor fluktuatifnya harga komoditas tertentu sehingga perdagangan internasional menjadi menurun.

“Demikian halnya dengan kondisi perekonomian global, permintaan terhadap komoditas-komoditas tertentu, yang biasanya menopang penerimaan itu menjadi berkurang kontribusinya. Satu hal lagi, sampai saat ini tingkat kepatuhan wajib pajak, khususnya orang pribadi, itu dirasa memang sangat kurang, sangat rendah ” keluhnya.

Fajar menambahkan, walaupun upaya dalam mensosialisasikan wajib pajak sudah dilakukan dengan maksimal, seperti memanfaatkan sosial media dan mensosialisasikannya lewat media lain, namun kesadaran pajak masyarakat Indonesia memang masih dirasa kurang. 

Penulis: Fransiskus Yuno

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-FrY

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar