Senin, 23 Oktober 2017

Menpora perintahkan INASGOC kawal penambahan nomor Asian Games

Jumat, 13 Oktober 2017 20:55

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Foto: http://bit.ly/2yeUUsT Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Foto: http://bit.ly/2yeUUsT
Ayo berbagi!

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 untuk mengawal upaya Indonesia meminta tambahan sebelas nomor dari tiga cabang olahraga kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Kami sudah mengirim surat kepada OCA. Sejauh ini, belum ada balasan. Tapi, saya meminta INASGOC untuk menindaklanjuti dan mengawal penambahan nomor itu," kata Menpora di Jakarta, Jumat (13/10).

Menpora mengatakan peluang pembahasan penambahan nomor dalam pertemuan pemerintah dan INASGOC dengan OCA di Jakarta pada Minggu (15/10).

Pada Senin (9/10), Menpora telah mengirim surat kepada Presiden OCA Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah terkait penambahan sebelas nomor pertandingan dalam tiga cabang olahraga yaitu panahan, panjat tebing, dan taekwondo.

"Berdasarkan hasil Sidang Umum OCA pada 22 September di Ashgabat, kami telah menerima keputusan 40 cabang olahraga dengan penambahan roller sport dan disiplin bela diri (kurash dan sambo). Untuk itu, kami akan mengapresiasi jika Anda dapat menerima proposal kami untuk menambah sejumlah nomor pertandingan," tulis Menpora dalam suratnya kepada Presiden OCA.

Sebelas nomor pertandingan yang diminta Indonesia yaitu nomor compound putra, compound putri, dan compound campuran pada cabang panahan. Kemudian, nomor speed world putra, speed world putri, speed classic putra, dan speed classic putri pada cabang panjat tebing.

Terakhir, nomor kyorugi putra -54 kg, kyorugi putra -63 kg, kyorugi putri -46 kg, dan kyorugi putri -53 kg.

"Nomor-nomor pertandingan itu adalah nomor pilihan khusus Asia dan Indonesia telah mempersiapkan dengan upaya besar untuk menyiapkan dengan sebaik mungkin dalam Asian Games," tulis Menpora.

Pada awal Oktober, INASGOC menyatakan peluang Indonesia untuk menegosiasikan nomor pertandingan Asian Games 2018 kepada OCA terkait peluang bagi kontingen Merah-Putih untuk merebut medali.

"Nomor pertandingan hingga hari ini adalah 462 nomor. Tapi, ada beberapa nomor pertandingan yang kami coba bicarakan dengan OCA. Siapa tahu ada lagi titik temu," kata Ketua INASGOC Erick Thohir.

Erick mengharapkan hasil renegosiasi nomor pertandingan Asian Games 2018 dapat tercapai sebelum kehadiran OCA di Indonesia pada 15 Oktober.

"Setelah 15 Oktober, sudah tidak ada lagi pembicaraan soal nomor pertandingan. Bahkan sebelum 15 Oktober juga mungkin sudah tidak ada. Tapi, kami masih akan membahas negosiasi ulang terkait kontrak tuan rumah," kata Erick.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar