Kamis, 14 Desember 2017

Pemkab Bekasi diminta terapkan sistem online dalam hal perijinan

Jumat, 13 Oktober 2017 21:42

Ilustrasi. Foto: http://bit.ly/2xCYihQ Ilustrasi. Foto: http://bit.ly/2xCYihQ
Ayo berbagi!

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat diminta terapkan sistem online dalam hal perijinan di Kabupaten Bekasi guna mencegah terjadinya pungutan liar, sehingga keseriusan tersebut diperlukan agar tercipta transparansi perijinan.

Wakil Ketua Apindo Kabupaten Bekasi, Darwoto mengatakan, mengenai perijinan kedepan di Kabupaten Bekasi tidak ada lagi cara ketemuan, sehingga sistem online merupakan solusi perijinan di Kabupaten Bekasi mengingat perusahaan tentunya telah miliki database perijinannya.

"Kalau urus ijin di era sekarang ini seharusnya tidak perlu lagi membawa berkas yang bertumpuk-tumpuk, dan kurang praktis," ujarnya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Eko Purnumo, Jumat (13/10).

Selain itu, Darwoto pun mengingatkan terhadap kalangan pengusaha kecil, menengah, dan besar di Kabupaten Bekasi untuk tidak melakukan penyuapan untuk mendapatkan perijinan, karena hal itu tidak baik untuk iklim bisnis.

"Kesadaran tinggi pengusaha dibutuhkan, agar turut pula mematuhi aturan yang berlaku," ujarnya.

Dalam hal tersebut, Darwoto berharap jika penerapan bisa serius dilakukan secara online mengenai perijinan di Kabupaten Bekasi tentu bisa menunjang iklim investasi kedepan, dan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

"Dari segi biaya dan waktu tentu bisa efisien dan hal ini PR kepala daerah untuk serius menyikapinya," katanya.

Mengenai ditangkapnya oknum PNS Kabupaten Bekasi berinisial AH lanjut Darwoto, pihaknya mengapresiasi penangkapan oknum tersebut terkait pungli perijinan beberapa waktu lalu, dan menjadikan pembelajaran berharga.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar